Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA SIRKUIT PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN 02 JEBOL MAYONG JEPARA

DEWI SRININGSIH, 171330000031 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA SIRKUIT PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SDN 02 JEBOL MAYONG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171330000031_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000031_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000031_BAB I.pdf] Text
171330000031_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000031_BAB II.pdf] Text
171330000031_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[thumbnail of 171330000031_BAB III.pdf] Text
171330000031_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171330000031_BAB IV.pdf] Text
171330000031_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 171330000031_BAB V.pdf] Text
171330000031_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[thumbnail of 171330000031_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000031_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171330000031_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000031_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kejenuhan belajar yang dialami oleh siswa sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang masih jauh dibawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu ≥ 70. Hal ini dikarenakan guru yang masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru seperti ceramah. Sehingga mengakibatkan siswa jenuh serta bosan serta jenuh pada proses pembelajaran dan tidak terdapat interaksi antara guru dan siswa. Siswa kesulitan dalam memahami penjelasan guru dan menentukan rumus-rumus yang tepat bangun datar. Fokus penelitian ini pada hasil belajar kognitif siswa dengan bantuan model pembelajaran STAD dan media sirkuit pintar. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan media sirkuit pintar terhadap hasil belajar matematika bangun datar siswa kelas IV SDN 02 Jebol.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen tipe pre-eksperimen dengan jenis one group pretest-posttest. Penelitian ini dilakukan dikelas IV SDN 02 Jebol dengan subjek/populasi dalam penelitian berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 6 laki-laki dan 13 perempuan. Penelitian ini dilakukan selama 3 kali pertemuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian yaitu variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu hasil belajar siswa, sedangkan variabel independennya adalah model pembelajaran STAD berbantuan media sirkuit pintar.adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25butir. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 21.0 yang meliputi uji coba instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil belajar siswa pada saat pretest menunjukkan nilai rerata sebesar 53,89 sedangkan saat posttest (menggunakan model pembelajaran STAD berbantuan sirkuit pintar) hasil nilai rerata yang diperoleh sebesar 79,37. Kenaikan hasil belajar pretest dan posttest sebesar 25,48. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,005 sehinga H0 ditolak dan Ha diterima dan diperoleh t_hitung = 17,671 dan t_tabel = 1,734 maka t_hitung>t_tabel atau 17,671 > 1,734 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model STAD berbantuan media sirkuit pintar terhadap hasil belajar matematika bangun datar siswa kelas IV SDN 02 Jebol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran STAD, media sirkuit pintar, bangun datar, hasil belajar siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 04 Apr 2023 03:05
Last Modified: 04 Apr 2023 03:05
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item
View Item