Search for collections on Publications

PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 DI SD NEGERI 1 KUWASEN

DEVITA LUCIA PUTRI, 181330000234 (2022) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS 2 DI SD NEGERI 1 KUWASEN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000234_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000234_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000234_BAB I.pdf] Text
181330000234_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 181330000234_BAB II.pdf] Text
181330000234_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 181330000234_BAB III.pdf] Text
181330000234_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000234_BAB IV.pdf] Text
181330000234_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000234_BAB V.pdf] Text
181330000234_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)
[thumbnail of 181330000234_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000234_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000234_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000234_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peserta didik yang kurang mendapat bimbingan dari orang tua yang sangat terlihat berbeda dibandingkan teman – temannya sehingga ini merupakan masalah penting yang perlu diteliti.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bimbingan dan pengaruh belajar dari orang tua terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas 2 di SD Negeri 1 Kuwasen. Jenis penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah korelasional yang bertujuan mengetahui pengaruh dua variabel atau lebih Penelitian ini dilakukan selama dengan membagikan kuesioner bimbingan belajar kepada orang tua peserta didik dan kuesioner kemandirian belajar kepada peserta didik kelas 2 SD Negeri 1 Kuwasen. Pengukuran bimbingan belajar orang tua terhadap kemandirian belajar peserta didik melalui kuesioner yang diberikan oleh peneliti.

Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa bimbingan belajar orang tua berpengaruh baik terhadap kemandirian belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan kuisioner dengan indikator Bimbingan Belajar Orang tua (X) yang mendapat hasil 55,76% dan indikator kemandirian belajar peserta didik (Y) yang mendapat hasil 66,73%. Dari kedua indikator tersebut termasuk dalam kategori baik dengan selisih 10,97%. Besarnya koefisien determinasi adalah 0.912 mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (independent) terhadap perubahan variabel terikat (dependent) adalah 91,2% sedangkan sisanya 8,8% dipengaruhi variabel lain. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan bimbingan belajar orang tua terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas 2 di SD Negeri 1 Kuwasen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Syailin Nichla Choirin Attalina, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Belajar, Kemandirian Belajar, Korelasional.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Apr 2023 04:03
Last Modified: 03 Apr 2023 04:03
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5147

Actions (login required)

View Item
View Item