DELLA AYU KHUZNITA, 181330000228 (2022) PENGEMBANAN MODUL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA KELAS V SD NEGERI 6 BANGSRI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
|
Text
181330000228_COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
181330000228_BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
181330000228_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
181330000228_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
181330000228_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
![]() |
Text
181330000228_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (755kB) |
|
|
Text
181330000228_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
181330000228_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum banyak guru yang melakukan pengembangan bahan ajar dalam pembelajaran di sekolah. Guru hanya mengandalkan buku paket dari pemerintah yang materinya sangat sedikit dalam pembelajaran di sekolah. Hal ini dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan guru didominasi dengan ceramah sehingga banyak siswa merasa kurang tertarik untuk mengikuti pelajaran. Penelitian ini fokus pada pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis Kearifan Lokal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal pada siswa kelas V SD Negeri 6 Bangsri, prosedur pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal pada siswa kelas V SD Negeri 6 Bangsri, serta untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan pengembangan modul pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis kearifan lokal pada siswa kelas V SD Negeri 6 Bangsri.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan menggunakan desain pendekatan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Penelitian ini dilakukan di kelas V SD Negeri 6 Bangsri dengan subjek/populasi dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa. Adapun prosedur pengembangan meliputi lima tahapan yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Metode pengumpulan data dan analisis data dalam penelitian menggunakan lembar angket analisis kebutuhan, lembar validasi modul, dan lembar angket respon siswa dan guru.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil validasi oleh dosen ahli terhadap Modul Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Pada Siswa Kelas V SD Negeri 6 Bangsri yang dikembangkan diperoleh persentase sebesar 84,70% dengan kriteria “Sangat Layak”. Respon siswa dan guru terhadap modul menunjukkan hasil yang positif, hal ini dibuktikan dengan persentase angket yang diperoleh berturut-turut sebesar 81,76% dan 94% dengan kriteria “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Erna Zumrotun, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Modul, Bahasa Indonesia, Kearifan Lokal. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 04:02 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 04:02 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5146 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |