DARWATI, 171330000189 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN WANUSOBO TAHUN PELAJARAN 2021/2022 (Penelitian Kuantitatif True Eksperimental). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 171330000189_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 171330000189_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (371kB)
3. 171330000189_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (407kB)
4. 171330000189_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (381kB)
5. 171330000189_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (416kB)
6. 171330000189_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (236kB)
7. 171330000189_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (444kB) | Preview
8. 171330000189_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya dan guru yang mengalami kesulitan dalam memberikan materi pembelajaran terutama dalam mata pelajaran matematika. Dalam pembelajaran guru kesulitan dalam memberikan contoh riil yang ada dalam lingkungan siswa, selain itu kurangnya media untuk menunjang pembelajaran sehingga pembelajaran hanya menggunakan metod ceramah dan tanya jawab saja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas model Contextual Teaching and Learning pada materi bangun ruang terhadap hasil Belajar siswa v di SDN Wanusobo.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian true eksperimental. Penelitian ini dilakukan di SDN Wanusobo pada kelas Vdengan jumlah siswa 22 sebagai populasinya. Adapun jenis variabel dalam penelitian ini yaitu menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Pada variabel bebas yaitu model Contextual Teaching and Learning sedangkan pada variabel terikat ialah hasil Belajar siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes berupa soal pilihan ganda. Instrument yang digunakan yaitu soal pre test dan post test. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.0 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukan peningkatan dari pretest ke posttest. Dari data tes dapat diketahui peningkata nilai pretest mendapat rata-rata 50,5 sedangkan pada posttest nilai rat-rata 95. Dan pada hipotesis terdapat dua hipotesis yaitu hipotesis diterima dan hipotesis allternatif. Jadi kesimpulannya ialah penggunaan model Contextual Teaching and Learning pada materi bangun ruang dikelas V SDN Wanusobo sangat efektif karena hasil belajar dikelas V mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning (CTL), Matematika dan Hasil Belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 03:56 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 03:56 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5145 |