ANNA KHOIRUNNISA, 171330000159 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHINGAND LEARNNG (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELS IV SDN 4 SROBYONG MLONGGO JEPARA TAHUN PELAJARAN 202/2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171330000159_ COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
![[thumbnail of 171330000159_ BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000159_ BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of 171330000159_ BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000159_ BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
![[thumbnail of 171330000159_ BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000159_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of 171330000159_ BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000159_ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
![[thumbnail of 171330000159_ BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000159_ BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (494kB)
171330000159_ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (2MB) | Preview
![[thumbnail of 171330000159_ LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
171330000159_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika yang masih dibawah KKM yang ditetapkan sekolah >70. Hal ini dikarenakan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang menarik sehingga siswa merasa bosan dan kurang memperhatikan pembelajaran. Fokus penelitian ini pada hasil belajar kognitif siswa dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Tujuan penelitian ini adalah pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan siswa kelas IV SDN 4 Srobyong Mlonggo Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen tipe Pre-eksperimen design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 4 Srobyong dengan subjek populasi dengan penelitian berjumlah 36 siswa diantaranya 20 laki-laki 16 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Jenis variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil peserta didik, sedangkan variabel independen adalah model pembelajaran CTL. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes pilihan ganda. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu soal pretest dan posttest dengan jumlah 25 butir. Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS versi 23 yang diantaranya uji Validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada saat pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 60,56 sedangkan nilai post test menunjukkan nilai rata-rata sebesar 81,72. Kenaikan hasil pretest dan posttest menunjukkan sebesar 21,16. Hasil uji regresi adanya pengaruh pada variabel x (model CTL) dan variabel y (Hasil belajar matematika) tingkat prosentase pengaruh sebesar 62,3%. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV SDN 4 Srobyong Mlonggo Jepara tahun pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Aan Widiyono. M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model pemebelajaran CTL, Matematika, Hasil belajar siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 03:53 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 03:53 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5142 |