PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV di SD DESA KLUMPIT TAHUN AJARAN 2021/2022

ANIK SHOFIANI, 171330000133 (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV di SD DESA KLUMPIT TAHUN AJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
171330000133_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
171330000133_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
171330000133_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000133_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
171330000133_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000133_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img]
Preview
Text
171330000133_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
171330000133_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian in dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar di SD kelas IV di Desa Klumpit, hal ini disebabkan oleh siswa merasa kurang tertarik dalam penyampaian materi selama pembelajaran hal ini disebabkan kurangnya pemanfaatan media teknologi dalam dunia pendidikan. Fokus penelitian ini pada hasil belajar kognitif siswa dengan media pembelajaran Interaktif Power Point. Tujuan penelitian ini adalah pengaruh media pembelajaran Interaktif Power Point terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD di Desa Klumpit Tahun Akademik 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen tipe True eksperimental design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SD 5 Klumpit dan SD 7 Klumpit dengan subjek populasi dengan penelitian berjumlah 77 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 kali pertemuan. Jenis variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil peserta didik, sedangkan variabel independen adalah media pembelajaran Interaktif Power Point. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan tes pilihan ganda. Instrumen yang digunakan peneliti yaitu soal pretest dan posttest dengan jumlah 20 butir.Teknik analisis data menggunakan IBM SPSS versi 26 yang diantaranya uji Validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada saat pretest menunjukkan nilai rata-rata sebesar 67,6 di kelas eksperimen dan nilai rata-rata sebesar 44 di kelas kontrol, sedangkan nilai post test rata-rata sebesar 94 di kelas eksperimen, dan nilai rata-rata sebesar 66 di kelas kontrol. Kenaikan hasil pretest dan posttest menunjukkan sebesar 26,4. Perbedaan ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran Interaktif Power Point terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD di Desa Klumpit Tahun Akademik 2021/2022.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Erna Zumrotun, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Interaktif Power Point, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:51
Last Modified: 03 Apr 2023 03:51
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5141

Actions (login required)

View Item View Item