KHOIROTUL UMMAH, 181310003984 (2022) INTEGRASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MATA PELAJARAN KE-NUAN STUDI KASUS DI KELAS IX MTS. MAFATIHUL AKHLAQ DEMANGAN KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181310003984_COVER.pdf
Download (5MB) | Preview
![[thumbnail of 181310003984_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181310003984_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 181310003984_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181310003984_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (14MB)
![[thumbnail of 181310003984_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181310003984_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (11MB)
![[thumbnail of 181310003984_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181310003984_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
![[thumbnail of 181310003984_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181310003984_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181310003984_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (968kB) | Preview
![[thumbnail of 181310003984_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
181310003984_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
Abstract
Moderasi beragama merupakan sikap atau cara pandang seseorang dalam beragama, dan adapun nilai-nilai moderasi beragama terdapat 9 nilai yaitu, (1)tawasuth(2)tawazun(3)tasamuh(4)I’tidal(5)ishlah(6)syura(7)musawah(8)tahtawur wa ibtikar(9)Tahadhur. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang (1)bagaimana proses integrasi nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran ke-NU-an di kelas IX MTs. Mafatihul Akhlaq Demangan,(2)faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai moderasi beragama. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengintegrasian nilai moderasi beragama yakni, melalui materi pelajaran, proses pembelajaran, kegiatan peserta didik dan mengkaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai moderasi beragama pada peserta didik yaitu faktor lingkungan, guru, fasilitas, dan sosial media.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Nilai, Moderasi beragama, Integrasi. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 03:48 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 03:48 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5137 |