Search for collections on Publications

INTEGRASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MATA PELAJARAN KE-NUAN STUDI KASUS DI KELAS IX MTS. MAFATIHUL AKHLAQ DEMANGAN KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA

KHOIROTUL UMMAH, 181310003984 (2022) INTEGRASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MATA PELAJARAN KE-NUAN STUDI KASUS DI KELAS IX MTS. MAFATIHUL AKHLAQ DEMANGAN KECAMATAN TAHUNAN KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181310003984_COVER.pdf]
Preview
Text
181310003984_COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 181310003984_BAB I.pdf] Text
181310003984_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 181310003984_BAB II.pdf] Text
181310003984_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[thumbnail of 181310003984_BAB III.pdf] Text
181310003984_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[thumbnail of 181310003984_BAB IV.pdf] Text
181310003984_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 181310003984_BAB V.pdf] Text
181310003984_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181310003984_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181310003984_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (968kB) | Preview
[thumbnail of 181310003984_LAMPIRAN.pdf] Text
181310003984_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Moderasi beragama merupakan sikap atau cara pandang seseorang dalam beragama, dan adapun nilai-nilai moderasi beragama terdapat 9 nilai yaitu, (1)tawasuth(2)tawazun(3)tasamuh(4)I’tidal(5)ishlah(6)syura(7)musawah(8)tahtawur wa ibtikar(9)Tahadhur. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Skripsi ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang (1)bagaimana proses integrasi nilai moderasi beragama dalam mata pelajaran ke-NU-an di kelas IX MTs. Mafatihul Akhlaq Demangan,(2)faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai moderasi beragama. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengintegrasian nilai moderasi beragama yakni, melalui materi pelajaran, proses pembelajaran, kegiatan peserta didik dan mengkaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai moderasi beragama pada peserta didik yaitu faktor lingkungan, guru, fasilitas, dan sosial media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ahmad Saefudin, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Nilai, Moderasi beragama, Integrasi.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:48
Last Modified: 03 Apr 2023 03:48
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5137

Actions (login required)

View Item
View Item