Search for collections on Publications

POLA ASUH IBU TIRI DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK (Studi Kasus Di Desa Kecapi Karanganyar Rt. 02 Rw. 01 Kec. Tahunan Kab. Jepara)

JUNNATUN NADHIFAH, 161310003605 (2022) POLA ASUH IBU TIRI DALAM MEMBENTUK KARAKTER ANAK (Studi Kasus Di Desa Kecapi Karanganyar Rt. 02 Rw. 01 Kec. Tahunan Kab. Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 161310003605_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 161310003605_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 161310003605_BAB I.pdf] Text
2. 161310003605_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 3. 161310003605_BAB II.pdf] Text
3. 161310003605_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 4. 161310003605_BAB III.pdf] Text
4. 161310003605_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 5. 161310003605_BAB IV.pdf] Text
5. 161310003605_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. 161310003605_BAB V.pdf] Text
6. 161310003605_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 7. 161310003605_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
7. 161310003605_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8. 161310003605_Lampiran.pdf] Text
8. 161310003605_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang judul adalah Pola asuh ibu tiri yang baik akan membentuk kepribadian anak setelah ia menjadi dewasa. Sehingga karakteristik anak juga akan terbentuk dengan baik. Peran dari pengasuhan orang tua sangat penting bagi anak dan akan memengaruhi kehidupan anak hingga ia dewasa. Sedangkan jika anak yang memiliki sosial emosional yang baik tidak mungkin dapat terbentuk dalam waktu yang singkat, akan tetapi diperlukan proses dan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, mendidik anak membutuhkan kesabaran dan orang tua harus memiliki kepekaan terhadap anak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Untuk mendiskripsikan bagaimana pola asuh ibu tiri dalam membentuk karakter anak (Studi Kasus di Desa Kecapi Karanganyar RT. 02 RW. 01 Tahunan Jepara). 2). Faktor penghambat dan pendukung pola asuh ibu tiri dalam membentuk karakter anak (Studi Kasus di Desa Kecapi Karanganyar Rt.02 Rw.01 Tahunan Jepara).
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah: Ibu Tiri, Anak- anak, dan beberapa masyarakat Desa.
Dari pembahasan yang sudah penulis paparkan, maka berikut ini adalah hasil penelitian : Berdasarkan hasil dari penelitian yang berkenaan dengan Pola Asuh Ibu Tiri Dalam Membentuk Karakter Anak (Studi Kasus di Desa Kecapi Karanganyar RT. 02 RW. 01 Kec. Tahunan Kab. Jepara), bahwa secara umum terdapat tiga pola asuh yang diterapkan oleh ibu tiri dalam rangka membentuk karakter anak telah berjalan dengan baik. Hal ini telah terlihat dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan. Bahwa ibu tiri telah berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan arahan dan bimbingan dengan memperhatikan 4 jenis pola asuh. Antara lain: pola asuh demokratis, pola asuh otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh situasional. Sebagai orang tua juga harus memahami tahap perkembangan anak sesuai dengan periode perkembangan mulai dari periode usia 0 tahun sampai 7 tahun, 8 tahun sampai 14 tahun, dan lebih dari 14 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Yushinta Eka Farida, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh, Ibu Tiri, Karakter Anak.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:45
Last Modified: 03 Apr 2023 03:45
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5135

Actions (login required)

View Item
View Item