JUNAIDI, 171310003846 (2022) PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DALAM MENGATASI KEMEROSOTAN MORAL SISWA KELAS VIII DI MTS NU PAPASAN BANGSRI JEPARA TAHUN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171310003846_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
171310003846_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171310003846_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
171310003846_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171310003846_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171310003846_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (827kB)
171310003846_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
171310003846_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pembelajaran daring pada mata pelajaran akidah akhlak dalam mengatasi kemerosotan moral siswa kelas VIII MTs. NU Papasan Bangsri Jepara Faktor yang mempengaruhi pembelajaran daring pada mata pelajaran akidah akhlak dalam mengatasi kemerosotan moral siswa kelas VIII MTs. NU Papasan Bangsri Jepara.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian adalah field research (studi lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif fenomologis. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1). Pelaksanaan pembelajaran daring di kelas VIII MTs. NU Papasan Bangsri Jepara meliputi: perencanaan dengan langkah guru menyiapkan HP/laptop, menyiapkan internet atau jaringan Wifi, menyiapkan materi pembelajaran melalui vidio, foto atau powerpoint. Pelaksanaan pembelajaran meliputi: guru membuka WA, mengucapkan salam, mengabsen siswa siswa berdo‟a guru mengirim materi pembelajaran melalui vidio, foto atau powerpoint, memberikan soal kepada siswa, mengkoreksi jawaban dan menutup pelajaran, Faktor yang mempengaruhi pembelajaran daring pada mata pelajaran akidah akhlak dalam mengatasi kemerosotan moral siswa kelas VIII MTs. NU Papasan Bangsri Jepara meliputi faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung meliputi: kepala madrasah yang menyediakan sarana pembelajaran daring, guru yang bisa mengaplikasikan WA, membuat vidio dalam menyampaikan materi, siswa punya HP, punya paketan data, aktif dan disiplin mengikuti daring, sebagian wali siswa yang mendampingi dan mengawasi pembelajaran daring di rumah. Faktor penghambat meliputi: kehabisan paketan data siswa, guru lupa jadwal pembelajarannya, HP guru eror, ada beberapa siswa yang tidak aktif dan disiplin mengikuti pembelajaran daring, dan sebagian kecil orang tua yang kurang memperhatikan siswa. Pembelajaran daring dapat mengatasi kemrosotan moral siswa termasuk membentuk kedisiplinan anak, membatasi anak banyak bermain dan membatasi anak dalam bergaul yang negatif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Yushinta Eka Farida, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak, Kemerosotan Moral. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 03:44 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 03:44 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5134 |