Search for collections on Publications

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 UJUNGPANDAN

ANA FARIKHA, 171330000191 (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN 1 UJUNGPANDAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171330000191_COVER.pdf]
Preview
Text
171330000191_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171330000191_BAB I.pdf] Text
171330000191_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000191_BAB II.pdf] Text
171330000191_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 171330000191_BAB III.pdf] Text
171330000191_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171330000191_BAB IV.pdf] Text
171330000191_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 171330000191_BAB V.pdf] Text
171330000191_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)
[thumbnail of 171330000191_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171330000191_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171330000191_LAMPIRAN.pdf] Text
171330000191_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA, dibuktikan dengan nilai rata-rata yang cukup rendah yaitu 54,25. Salah satu penyebabnya yaitu guru kurang kreatif dalam menggunakan model pembelajaran sehingga siswa merasa bosan dan kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Fokus penelitian ini yaitu motivasi siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran Scramble. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Scramble terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 1 Ujungpandan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN 1 Ujungpandan, Welahan, Jepara dengan subjek/populasi berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 laki-laki dan 9 perempuan. Terdapat 2 jenis variabel dalam penelitian ini yaitu variabel dependen dan independen. Variabel dependen dalam penlitian ini yaitu motivasi belajar siswa, sedangkan variabel independennya yaitu model pembelajaran Scramble. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa angket yang berjumlah 30 butir item pernyataan. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 25.0 yang meliputi uji validitas, uji realiabilitas, uji prasyarat dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa pada pretest mendapatkan nilai rata-rata 86,85, sedangkan nilai rata-rata saat posttest sebesar 101,45. Kenaikan nilai pretest dan posttest hasil angket motivasi belajar sebesar 14,6. Perbedaan ini diperkuat dengan uji hipotesis yaitu uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel atau 6,899 > 1,729 sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Scramble efektif diterapkan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SDN 1 Ujungpandan materi sumber energi dan perubahannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Aan Widiyono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pemblajaran scramble, motivasi, IPA.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:37
Last Modified: 03 Apr 2023 03:37
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5130

Actions (login required)

View Item
View Item