PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN NGABLAK 01

AFIATIN AZIZAH, 171330000145 (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MINAT SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN NGABLAK 01. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
171330000145_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
171330000145_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
171330000145_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
171330000145_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
171330000145_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
171330000145_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
171330000145_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
171330000145_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa terutama kelas V masih bersifat pasif. Guru terbiasa menggunakan model pembelajaran teacher centered sehingga siswa merasa bosan dan kurang berminat dalam pembelajaran terutama dalam pembelajaran matematika. Adanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan media Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar dan Minat Siswa pada pembelajaran Matematika materi bangun ruang kubus dan balok kelas V di SDN Ngablak 01.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan bentuk one group pre-test post-test design. Sampel penelitian ini adalah menggunakan teknik sampling jenuh, sejumlah 17 siswa di kelas V SDN Ngablak 01. Adapun Variabel dependent dalam penelitian ini adalah hasil belajar (Y1) dan minat siswa (Y2), sedangkan variabel independent (X) adalah Model pembelajaran project based learning berbantuan media pop-up book. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (uraian) dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) berbantuan media pop-up book untuk meningkatkan hasil belajar dan minat siswa pada pembelajaran matematika materi bangun ruang kubus dan balok. Berdasarkan hasil uji, diperoleh hasil bahwa project based learning berbantuan media pop-up book memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 53,8 % dan minat siswa sebesar 33,9 % .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani, S.Pd., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran PjBL, Media Pop-Up Book, Hasil Belajar, dan Minat Siswa.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:16
Last Modified: 03 Apr 2023 03:16
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5126

Actions (login required)

View Item View Item