ADINDA ERVIYANASARI, 181330000222 (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SDN 11 JAMBU KECAMATAN MLONGGO KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000222_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181330000222_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000222_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
181330000222_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000222_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
181330000222_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (823kB)
181330000222_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000222_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran Bahasa Indonesia SDN 11 Jambu Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan power point sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV mata pelajaran Bahasa Indonesia SDN 11 Jambu Kecamatan Mlonggo Kabupaten Jepara. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 11 Jambu sebanyak 19 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 17 peserta didik untuk kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, analisis dan temuan setelah diperoleh data kuantitatif hasil belajar peserta didik, maka selanjutnya dilakukan analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas dan hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 11 Jambu. Hal tersebut terlihat dari perbandingan nilai pretest dan posttest. Nilai rata-rata pretest yang diperoleh sebesar 71,76 sedangkan nilai rata-rata posttest diperoleh sebesar 87,79. Selain itu juga digunakan perhitungan uji t yang dilakukan peneliti dengan bantuan aplikasi IBM SPSS versi 26 untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan hasil belajar diketahui bahwa nilai menunjukkan nilai sig (2 tailed) = 0,000 hal tersebut sesuai dengan kriteria uji t-tes jika sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran power point dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV di SDN 11 Jambu.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Eka Setya Budi, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Media Power Point, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 03:15 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 03:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5125 |