Search for collections on Publications

EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ROLLING DAILY ACTIVITY “RODA” PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN UNTUK MENGENAL KONSEP WAKTU

WULAN TRIA EVIANA, 171340000052 (2022) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA ROLLING DAILY ACTIVITY “RODA” PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN UNTUK MENGENAL KONSEP WAKTU. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171340000052_COVER.pdf]
Preview
Text
171340000052_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171340000052_BAB I.pdf] Text
171340000052_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 171340000052_BAB II.pdf] Text
171340000052_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 171340000052_BAB III.pdf] Text
171340000052_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171340000052_BAB IV.pdf] Text
171340000052_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 171340000052_BAB V.pdf] Text
171340000052_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 171340000052_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171340000052_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (659kB) | Preview
[thumbnail of 171340000052_LAMPIRAN.pdf] Text
171340000052_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Anak usia 5-6 tahun merupakan usia dimana masa pertumbuhan tubuh dan otak yang sangat pesat dalam pencapaian keoptimalan fungsinya. Perkembangan kognitif anak semakin meningkat pesat, ditunjukan dengan rasa keingintahuan anak yang semakin tinggi terhadap lingkungan sekitar. Tahap ini akan terus berkembang, perkembangan ini juga berkaitan dengan perkembangan fisik, sehingga pada usia ini sangat aktif melakukan kegiatan.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengukur kemampuan peserta didik di kelas B RA Nahdlatu Fata Petekeyan Tahunan Jepara dalam mengenal kosep waktu sebelum menggunakan media Rolling Daily Activity. 2) Mengukur kemampuan peserta didik di kelas B RA Nahdlatu Fata Petekeyan Tahunan Jepara dalam mengenal kosep waktu sesudah menggunakan media Rolling Daily Activity. 3) Mengukur efektifitas penggunaan media rolling daily activity “RODA” pada anak usia 5 – 6 tahun untuk mengenalkan konsep waktu di RA Nahdlatul Fata Petekeyan Tahunan Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design (Nonequivalent Control Group Desingn) yang bertujuan untuk mengukur pengaruh variabel bebas (X) yaitu media Rolling Daily Activity terhadap variabel terikat (Y) yaitu mengenal konsep waktu dalam keseharian. Peneliti dalam hal ini mengumpulkan dan memperoleh data yang bersumber meliputi dari observasi, dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul dan dianalisa dengan menggunakan teknik analisis statistik SPSS 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) dengan menggunakan media Rolling Daily Activity peserta didik aktif dan antusias dalam kegiatan belajar (2) pada hasil pretest dan posttest terdapat peningkatan menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata pretest 54 poin dan hasil nilai posttest 81 poin. (3)ada peningkatan kemampuan mengenal konsep waktu ditunjukkan dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka sebagaimana pengambilan keputusan dalam Uji Independent Sample T Test pada nilai posttest terdapat perbedaan antara penggunaan metode pembelajaran menggunakan media Rolling Daily Activitydengan metode pembelajaran yang konvensional. Dengan kata lain Ha diterima dan H0 ditolak berarti ada peningkatan kemampuan mengenal bilangan oleh peserta didik RA Nahdlatu Fata Petekeyan Tahunan Jepara. Oleh karena itu penerapan media pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan prestasi belajar khususnya dalam mengenal waktu dalam keseharian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Naili Rohmah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Permainan,media Rolling Daily Activity , mengenal waktu, AUD.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Apr 2023 03:13
Last Modified: 03 Apr 2023 03:13
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5123

Actions (login required)

View Item
View Item