RIZQIANA WULAN FITRIANY, 161340000021 (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL WARNA MELALUI CEROBONG BOLA WARNA (Penelitian Eksperimen Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK TA Wedelan 2 Bangsri Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 161340000021_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 2. 161340000021_BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. 161340000021_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (366kB)
![[thumbnail of 3. 161340000021_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. 161340000021_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (720kB)
![[thumbnail of 5. 161340000021_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. 161340000021_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (437kB)
![[thumbnail of 4. 161340000021_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. 161340000021_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (385kB)
![[thumbnail of 6. 161340000021_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. 161340000021_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (233kB)
7. 161340000021_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (455kB) | Preview
![[thumbnail of 8. 161340000021_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. 161340000021_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menganalisis kemampuan anak usia 4-5 tahun di TK TA Wedelan 2 di desa Wedelan Bangsri Jepara dalam memahami warna sebelum menggunakan media pembelajaran cerobong bola warna.(2) Untuk menganalisis kemampuan anak usia 4-5 tahun di TK TA Wedelan 2 di desa Wedelan Bangsri Jepara dalam memahami warna sesudah menggunakan media pembelajaran cerobong bola warna. (3) Untuk menganalisis peningkatan kemampuan dalam mengenal warna melalui cerobong bola warna pada anak usia 4-5 tahun di TK TA Wedelan 2 di desa Wedelan Bangsri Jepara. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode kuantitatif dengan desain pre-eksperimental design dan jenis one-group pretest-posttest design. Berdasarkan nilai rata-rata dalam persentase dari keseluruhan adalah 50,42%. Sama dengan hasil analisis paired samples statistics, nilai mean menunjukkan angka 50,42 dari 15 anak. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam mengenal huruf warna sebelum menggunakan media cerobong bola warna masih dalam kategori Mulai Berkembang (MB). Hasil post-test menunjukkan bahwa nilai rata-rata dalam persentase dari keseluruhan adalah 73,75%. Sama dengan hasil analisis uji-T, nilai mean menunjukkan angka 73,75 dari 15 anak. Nilai tersebut masuk dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan atau peningkatan dalam kemampuan mengenal warna melalui Cerobong bola warna pada anak usia 4-5 Tahun di TK TA Wedelan 2 Bangsri Jepara. Kemudian pada hasil analisis uji t menunjukkan t0 (thitung) > tt (ttabel) yang berarti 24,358 > 2,145 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pada nilai signifikansi menunjukkan jika besarnya signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka, berdasarkan hasil analisis uji-t pada Paired Sample T-Test dan nilai signifikansi dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan dalam kemampuan mengenal warna melalui Cerobong bola warna pada anak usia 4-5 Tahun di TK TA Wedelan 2 Bangsri Jepara.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Khalimatus Sa’diyah, M. Pd. I. Pembimbing II : Naili Rohmah, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Cerobong Bola Warna, Kemampuan Mengenalkan Warna. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 03:08 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 03:08 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5120 |