RISKA ROISATUL AJIZAH, 171340000054 (2022) EFEKTIVITAS PAPAN POLA ABJAD TERHADAP PENGENALAN HURUF ABJAD DI RA MUSLIMAT TULAKAM DONOROJO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171340000054_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
171340000054_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171340000054_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171340000054_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171340000054_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
171340000054_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (498kB)
171340000054_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (903kB) | Preview
171340000054_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Model pembelajaran visual merupakan jenis media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini mengguanakan media Papan Pola Abjad media ini berupa papan atau balok kayu yang terdapat pola huruf abjad, pola huruf abjad yang terbuat dari paku yang nanti ditarik menggunakan karet akan membentuk huruf abjad. tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan tentang efektivitas dan respon anak terhadap Media Papan Pola Abjad untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini.
Penelitian ini menggunakan Quasi Esperimental Design jenis Nenequivalent Control Group Design. Uji validitas menggunakan SPSS 26 dengan jumlah soal keseluruhan 4 butir soal. Sampel yang pada penelitian ini adalah 15 anak. Nilai rata-rata pretest sebesar 50 sedangkan, nilai rata-rata posttest sebesar 88. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan diatas dapat disimpulkan bahwa media Papan Pola Abjad efektif dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini di RA Muslimat Tulakan Donorojo Jepara.
Hasil nilai pretest sebelum anak menggunakan Papan Pola Abjad yaitu dengan nilai tertinggi anak adalah 75, nilai terendah anak adalah 30 dan rata-rata nilai 50. Hasil nilai posttest sesudah penggunaan media Papan Pola Abjad (POJA) yaitu nilai tertinggi anak 100, nilai terendah anak 75 dan nilai rata-rata 88. Pada Uji t-test melalui SPSS 26 bahwa nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,00 < 0.05 yang artinya adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan anak sebelum dan sesudah penggunaan media Papan Pola Abjad (POJA).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Papan Pola Abjad , AUD, Perkembangan Bahasa AUD. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 03:07 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 03:07 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5119 |