NURUL AFFIFAH, 171340000061 (2022) KEEFEKTIFAN MEDIA BOLA SUKA (Susun Kata) UNTUK MENGENALKAN KONSEP HURUF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA MIFTAHUR ROHMAH PENDEM KEMBANG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171340000061_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
171340000061_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
171340000061_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171340000061_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
171340000061_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
171340000061_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
171340000061_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (732kB) | Preview
171340000061_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan jenjang Pendidikan pertama pada pelaksanaan sistem Pendidikan di Indonesia. Berdasarkan Permendikbud No 146 tahun 2014 merupakan anak usia 5-6 tahun sudah dapat membaca gambar dan anak sudah dapat menunjukkan keaksaraan awal dengan menunjukkan simbol-simbol.
Penelitian ini bertujuan: 1) Mengukur kemampuan peserta didik dalam mengenal konsep huruf sebelum menggunakan media pembelajaran bola suka (susun kata). 2) Mengukur kemampuan peserta didik dalam mengenal konsep huruf dengan menggunakan media pembelajaran bola suka (susun kata). 3) Mengukur keefektifan media pembelajaran bola suka (susun kata) dalam membantu meningkatkan kemampuan mengenalkan konsep huruf pada peserta didik di kelas B di RA Miftahur Rohmah Pendem Kecamatan Kembang Kabupaten Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekan kuantitatif. Sedangkan jenis penelitian dalam kegiatan penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design (Nonequivalent Control Group Design) yang bertujuan dalam mengukur pengaruh bebas (X) yaitu media bola suka atau susun kata terhadap vatiabel terikat (Y) yaitu mengenalkan konsep huruf. Kegiatan penelitian telah mengumpulka n dan memperolah beberapa data yang dilakukan dengan observasi tes dan dokumentasi. Data analisis yang digunakan dalam tehnik analisis statistik ini SPPS 22. Hasil pretest dan post-test dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengenal huruf terdapat peningkatan dan menunjukkan adanya peningkatan yang signifikansi. Terlihat dari hasil rata-rata pretest diangka 42 dan 43, sedangkan pada nilai post-test dengan angka 81. Peningkatan kemampuan peserta didik mengenal huruf ditunjukkan dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05 maka pengambilan keputusan uji independent sample t-test pada nilai post-test terhadap perbedaan antara penggunaan media bola suka (susun kata) dengan model pembelajaran konvensional. Kata lainnya yaitu Ha diterima dan H0 ditolak, maka terdapat perbedaan hasil pembelajaran sebelum dan sesudah menggunakan media bola suka (susun kata) dalam pengenalan huruf pada peserta didik di RA Miftahur Rohmah Pendem Kembang Jepara. Pentingnya suasana kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan media pembelajaran yang menjadi alat penunjang dalam mengembangkan kemampuan belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dwiana Asih Wiranti, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Permainan Bola Suka (susun kata), Mengenal Huruf, AUD. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.4 Membaca, Belajar Membaca |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 03 Apr 2023 03:07 |
Last Modified: | 03 Apr 2023 03:07 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5118 |