Search for collections on Publications

EFEKTIFITAS MEDIA BUSY BOOK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA MABDA’UL HUDA DESA RAGUKLAMPITAN KECAMATAN BATEALIT JEPARA

NOR SA’ADAH, 181340000101 (2022) EFEKTIFITAS MEDIA BUSY BOOK TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA MABDA’UL HUDA DESA RAGUKLAMPITAN KECAMATAN BATEALIT JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181340000101_COVER.pdf]
Preview
Text
181340000101_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181340000101_BAB I.pdf] Text
181340000101_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181340000101_BAB II.pdf] Text
181340000101_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 181340000101_BAB III.pdf] Text
181340000101_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181340000101_BAB IV.pdf] Text
181340000101_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 181340000101_BAB V.pdf] Text
181340000101_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[thumbnail of 181340000101_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181340000101_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181340000101_LAMPIRAN.pdf] Text
181340000101_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Media adalah sarana untuk mentransfer atau menyampaikan pesan. Penggunaan media sangat penting karena dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disamapikan oleh guru. Selain itu, guru juga harus kreatif dalam merancang dan memilih media pembelajaran seperti media Busy Book. Media Busy book adalah buku yang terbuat dari kain flanel yang di dalamnya terdapat gambar-gambar yang menarik yang dapat merangsang perkembangan anak usia dini dan mendorong rasa ingin tahu anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektifitas media Busy book terhadap perkembangan kognitif anak usia 4–5 tahun di RA Mabda’ul Huda desa Raguklampitan Kecamatan Batealit Jepara.
Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desaign. Pengambilan sampel yang digunakan dalam peneliti adalah purposive sampling. Hasil kelompok eksperimen menunjukkan hasil lebih tinggi dibanding kelompok kontrol. Uji hipotesis diperoleh bahwa Ho diterima dan Ha ditolak. Perhitungan uji–t Paired antara pretest dan posttest kelompok eksperimen yaitu thitung = 4.642 dengan nilai sig (2-tailed) < 0,05.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mengalami peningkatan perkembangan kognitif yang lebih tinggi dibanding pada kelompok kontrol. Dilihat dari tabel 18.4 menunjukkan ada peningkatan nilai mean pretest yang semula 74.8182 menjadi 82.5455. Pada nilai posttestnya kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 7.7273. Dapat dilihat bahwa peningkatan pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan pada kelompok kontrol. Simpulan yang dapat diambil adalah media Busy book dalam penelitian ini efektif dalam meningkatkan perkembangan kognitif anak usia 4-5 tahun di RA Mabda’ul Huda Raguklampitan Batealit Jeapara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Nofan Zulfahmi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Busy book, perkembangan kognitif.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Mar 2023 03:36
Last Modified: 28 Mar 2023 03:36
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5116

Actions (login required)

View Item
View Item