Search for collections on Publications

PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII MTS MATHOLIUL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ILHAM LUTHFI, 201310004587 (2022) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR FIQIH SISWA KELAS VIII MTS MATHOLIUL HUDA TROSO PECANGAAN JEPARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 1. 201310004587_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 201310004587_COVER.pdf

Download (812kB) | Preview
[thumbnail of 2. 201310004587_BAB I.pdf] Text
2. 201310004587_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[thumbnail of 3. 201310004587_BAB II.pdf] Text
3. 201310004587_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (599kB)
[thumbnail of 4. 201310004587_BAB III.pdf] Text
4. 201310004587_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[thumbnail of 5. 201310004587_BAB IV.pdf] Text
5. 201310004587_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. 201310004587_BAB V.pdf] Text
6. 201310004587_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[thumbnail of 7. 201310004587_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
7. 201310004587_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 8. 201310004587_LAMPIRAN.pdf] Text
8. 201310004587_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penilitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui motivasi belajar Fiqih siswa MTs Matholiul Huda Troso Pecangaan Jepara Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022.. (2) Untuk mengetahui hasil belajar Fiqih siswa MTs Matholiul Huda Troso Pecangaan Jepara Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2021/2022. (3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar Fiqih siswa MTs Matholiul Huda Troso Pecangaan Jepara Pecangaan Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021.

Dalam penelitian ini ada dua variable yang akan dibahas, yaitu motivasi belajar sebagai variabel pengaruh (variabel X) dan hasil belajar sebagai variabel terpengaruh (variabel Y).

Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data tentang motivasi belajar digunakan metode angket, observasi, dan untuk mengumpulkan data hasil belajar digunakan metode dokumentasi.

Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis pengaruh melalui rumus statistic kuantitatif dengan menggunakan rumus regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Motivasi belajar siswa mata pelajaran fiqih kelas VIII MTs Matholiul Huda Troso Pecangaan Jepara berada dalam kategori sedang yaitu dengan frekuensi 9 pada interval 64-73, dengan nilai rata-rata (mean) sebesar 68,97, nilai tengah (median) 69.00, nilai yang sering muncul (modus) 58, standar deviasi (SD) 9.661, range 39, niliai minimum 48, dan nilai maksimum 87. (2) Hasil Belajar peserta didik mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Matholiul Huda Troso Pecangaan Jepara menunjukkan kategori baik dengan frekuensi 3 yaitu pada interval 83-90, dengan rata-rata (mean) nilai angket hasil belajar dari 30 peserta didik adalah 87,27 (3) terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar pada mata pelajaran fiqih dapat dilihat dari hasil analisis statistik dengan menggunakan Korelasi Pearson Product Moment diperoleh rhitung 0,807, dan rtabel 0,361. Berdasarkan kriteria penafsiran koefisien korelasi atau tingkat pengaruh pada table di atas angka tersebut pada kategori sangat kuat yakni berada pada kisaran 0,80 – 1,000. Hasil analisis data menunjukkan terdapat pengaruh yang kuat dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Matholiul Huda Troso Pecangaan Jepara. Angka yang dihasilkan melalui korelaasi ini juga diolah kembali dengan rumus pengujian dterminasi dan sebagai hasil didapatlah nilai koefisien determinasi sebesar 65%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Mufid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fiqih.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.15 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:52
Last Modified: 28 Mar 2023 02:52
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item
View Item