HANA LATIFAH, 151310003526 (2022) STUDI ANALISIS PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS KITAB KUNING DI MA ROUDLOTUL MUBTADIIN BALEKAMBANG NALUMSARI JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
151310003526_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
151310003526_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
151310003526_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (9MB)
151310003526_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
151310003526_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
151310003526_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (723kB)
151310003526_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
151310003526_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mendeskripsikan tentang bagaimana proses pembelajaran Fiqih berbasis kitab kuning di MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara. 2). Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam pembelajaran Fiqih berbasis kitab kuning di MA Raudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara. Dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di MA Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan . Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini : 1) Proses pembelajaran Fiqih berbasis kitab kuning di Madrasah Aliyah Roudloyul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara, yakni adanya kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup dalam kegiatan pembelajarannya. Metode yang digunakana dalam pembelajaran Fiqih berbasis kitab kuning adalah metode ceramah, metode sorogan, metode bandongan,penugasan dan praktik. Sedangkan media atau alat yang digunakan dalah buku/ kitab kuning, papan tulis dan spidol. Dan evaluasi pembelajaran Fiqih berbasis kitab kuning yang digunakan adalah secara tertulis dan lisan (praktik), yakni dengan program Qiroatul Kutub. 2). Faktor penghambat antara lain; pola pikir siswa yang menganggap bahwa belajar kitab kuning itu sulit, perbedaan logat bahasa asal, pengaruh teman, Keterbatasan waktu. Faktor pendukungnya antara lain adalah sebagai berikut; komitmen dan keinginan yang kuat dari para siswa untuk bisa mempelajari dan mengkaji isi kitab kuning, Adanya persiapan siswa atau santri sebelum pembelajaran dimulai, penyediaan media pembelajaran yang cukup memadai, Adanya gedung baru untuk perpustakaan khusus kitab kuning, terletak dilingkungan pondok pesantren
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : SUKARMAN, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Studi Analisis, Pembelajaran Fiqih, Kitab Kunin. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 28 Mar 2023 02:31 |
Last Modified: | 28 Mar 2023 02:31 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5103 |