Search for collections on Publications

PERUBAHAN SISTEM PEMBELAJARAN LURING MENJADI DARING (Studi Kasus Di Persepsi Wali Murid Di Mi Al-Anwar 01 Tempur Keling Jepara)

KAMALUDDIN, 171310003867 (2022) PERUBAHAN SISTEM PEMBELAJARAN LURING MENJADI DARING (Studi Kasus Di Persepsi Wali Murid Di Mi Al-Anwar 01 Tempur Keling Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171310003867_COVER.pdf]
Preview
Text
171310003867_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 171310003867_BAB I.pdf] Text
171310003867_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 171310003867_BAB II.pdf] Text
171310003867_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 171310003867_BAB III.pdf] Text
171310003867_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 171310003867_BAB IV.pdf] Text
171310003867_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 171310003867_BAB V.pdf] Text
171310003867_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)
[thumbnail of 171310003867_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171310003867_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (961kB) | Preview
[thumbnail of 171310003867_LAMPIRAN.pdf] Text
171310003867_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui persepsi orang tua terhadap pembelajaran daring di Desa Tempur Keling Jepara. (2) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan pembelajaran daring di Desa Tempur keling Jepara. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pembelajaran daring di Desa Tempur keling Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bermaksud untuk memahami tentang fenomena apa yang dialami oleh objek penelitian. Penelitian ini disusun dengan pendekatan study kasus, dimana peneliti menggali suatu fenomena tertentu dalam suatu waktu dan kegiatan serta mengumpulkan informasi secara rinci. Penulis mengadakan penelitian di desa tempur keling jepara. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan data hasil penelitian menunjukan bahwa pandangan orang tua terhadap pembelajaran daring yang ada di desa tempur ini masih kurang efektif dan berjalan kurang maksimal. hal ini dikarenakan para orang tua merasa terbebani, kadang orang tua yang mengerjakan tugasnya, anak sering jenuh, dan masih banyak kendala saat belajar daring. Pembelajaran daring di desa ini memiliki kelebihan dan kekurangan, kelebihan dari pandangan orang tua di desa tempur yaitu waktu belajar bisa kapan saja dan untuk akses informasi pengetahuan menjadi lebih mudah. Adapun kekurangannya yaitu banyak tugas yang menumpuk, anak kurang dapat memahami materi karena kebanyakan hanya mengirim materi tanpa adanya penjelasan dari guru. Faktor pendukung pembelajaran daring menurut pandangan orang tua di Desa Tempur adalah adanya jaringan wifi di tempat-tempat tertentu sehingga bisa menjadi penunjang bagi seseorang murid, adapun faktor penghambat tentang pembelajaran daring dari pandangan orang tua di desa tempur ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor eksternal yaitu: Jaringan internet kurang mendukung, listrik sering padam, dan ketika listrik padam jaringan internet pasti mati. Adapun dari faktor internal itu sendiri adalah minat dan inisiatif dari siswa kadang-kadang malah cenderung malas dan memanfaatkan google untuk hanya sekedar menjawab suatu soal tanpa memahami.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Darnoto, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Persepsi Wali Murid, Pembelajaran daring, Kelebihan dan kekurangan, Faktor pendukung dan penghambat.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 28 Mar 2023 02:05
Last Modified: 28 Mar 2023 02:05
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5092

Actions (login required)

View Item
View Item