Search for collections on Publications

STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Beli Motor) PADA BMT AL-HIKMAH SEMESTA CABANG PECANGAAN

RESI LEVIANINGRUM, 181420000273 (2022) STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH (Beli Motor) PADA BMT AL-HIKMAH SEMESTA CABANG PECANGAAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181420000273_COVER.pdf]
Preview
Text
181420000273_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181420000273_BAB I.pdf] Text
181420000273_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 181420000273_BAB II.pdf] Text
181420000273_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181420000273_BAB III.pdf] Text
181420000273_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181420000273_BAB IV.pdf] Text
181420000273_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181420000273_BAB V.pdf] Text
181420000273_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[thumbnail of 181420000273_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181420000273_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (716kB) | Preview
[thumbnail of 181420000273_LAMPIRAN.pdf] Text
181420000273_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (885kB)

Abstract

Pembiayaan Murabahah (Beli Motor) merupakan salah satu produk pembiayaan unggulan yang ditawarkan di BMT Al Hikmah Semesta cabang Pecangaan dan diminati oleh anggota BMT yang terlihat meningkat setiap tahunnya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Strategi pemasaran produk pembiayaan Murabahah. (2) Faktor yang menyebabkan anggota BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Pecangaan memilih pembelian Motor di BMT Al-Hikmah Semesta. Jenis penelitian ini merupakan lapangan (field research). Sumber data primer dengan wawancara kepada 5 anggota, marketing, dan manajer BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Pecangaan dan sekunder yang diperoleh melalui buku, jurnal, dan hasil observasi. Sedangkan pada analisis data menggunakan metode analisis deskriptif bersifat kualitatif.
Hasilnya menjelaskan bahwa strategi pemasaran pembiayaan Murabahah (beli motor) pada BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Pecangaan menggunakan cara prospecting, approaching, presentasi, handling objection, clossing deal. Tetapi, ada salah satu anggota yang tidak sesuai dengan strategi yang diterapkan oleh BMT Al-Hikmah Semesta, anggota tersebut datang langsung dan berkonsultasi ke kantor BMT Al-Hikmah Cabang Pecangaan. Dalam faktor penyebab anggota BMT Al-Hikmah Semesta Cabang Pecangaan memilih pembelian Sepeda Motor di BMT Al-Hikmah adalah karena adanya diskon, tidak ada kifarat, barang jelas, transaksi jelas, dan bisa diwakilkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Ahmad Fauzan Mubarok, S.E., M.Sy. Pembimbing II : Cahyaning Budi Utami, S.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Pembiayaan, Murabahah, BMT Al-Hikmah Semesta.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.2 Muamalat, Muamalah /Hukum Perdata Islam > 2X4.232 Murabahah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:42
Last Modified: 20 Mar 2023 03:42
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5060

Actions (login required)

View Item
View Item