KARAKTERISTIK PENDIDIK BERPARADIGMA PROFETIK (Kajian Al-Qur’an Surah Ar-Rahman Ayat 4 dan Surah Yasin Ayat 17 dan 21)

WIWIK HIDAYATI, 211310004594 (2022) KARAKTERISTIK PENDIDIK BERPARADIGMA PROFETIK (Kajian Al-Qur’an Surah Ar-Rahman Ayat 4 dan Surah Yasin Ayat 17 dan 21). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
1. 211310004594_COVER.pdf

Download (878kB) | Preview
[img] Text
2. 211310004594_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)
[img] Text
3. 211310004594_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
4. 211310004594_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
5. 211310004594_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img] Text
6. 211310004594_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img]
Preview
Text
7. 211310004594_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui Bagaimana kandungan Al-Qur’an Surah Ar-Rahman Ayat 4 dan Surah Yasin ayat 17 dan 21. (2) Untuk mengetahui karakteristik pendidik berparadigma profetik dalam Al-Qur’an Surah Ar-Rahman Ayat 4 dan Surah Yasin ayat 17 dan 21 (3) Untuk mengetahui implementasi Pendidikan Karakter Religius Shalat Jama’ah dan Tadarus Al relevansi karakteristik pendidik berparadigma profetik dalam Al-Qur’an Surah Ar-Rahman Ayat 4 dan Surah Yasin ayat 17 dan 21 dengan realitas kekinian. Penelitian ini termasuk penelitian jenis kepustakaan (library research). Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan hermeneutik Paul Ricoeur. Sumber data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah al-Mu’jam al-Muhfaros li alfaz al-Qur’an al-Karim susunan Muhammad Fuad Abdul Baqi. Tehnik dalam mengumpulkan data penelitian ini, penulis menggunakan metode maudhu’i (tematik). Sedangkan untuk uji keabasahan datanya penulis menggunakan teknik triangulasi baik sumber, teoti dan metode. Selanjutnya data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis isi (Content Analysis), metode hermeneutik dan metode induktif.Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Isi kandungan Surah Ar-Rahman Ayat 4 dimana pendidik harus memiliki sikap penyayang dan memiliki kemampuan berinteraksi atau kompetensi Sosial. Sementara Isi kandungan surah yasin ayat 17 dimana seorang pendidik memiliki peran untuk mennyampaikan risalah dengan jelas sebagaimana para nabi. Dalam konteks ini secara konkret pendidik harus dapat mendorong jika eksistensinya berada di belakang dan jika berada ditengah maka dapat memberikan solusi (petunjuk) dan jika berada didepan maka pendidik dapat menjadi uswah hasanah (teladadan). Sedangkan isi kandungan surah yasin ayat 21 dimana menjadi seorang pendidik harus iklas tanpa mengharapkan imbalan upah saat mengajar. (2) Karakteristik pendidik profetik yang terdapat dalam Surah Ar-Rahman secara konkret pendidik harus menanamkan sikap penyayang dan tabligh atau penyampai risalah dengan sebenar-benarnya. Sementara Karakteristik pendidik profetik yang terdapat dalam Surah yasin ayat dimana pendidik ideal adalah orang yang profesional dalam menjalankan tugas, sehingga gaji tidak lagi menjadi prioritas. Sebab, adanya gaji merupakan konsekuensi logis dari keprofesionalan seorang pendidik. Selain itu pendidik adalah orang yang memiliki ilmu dan berkomitmen menjadi pendidik yang baik. (3) Relevansi ayat-ayat al-Qur’an tentang karakteristik pendidik berparadigma profetik relevan, karena mayoritas pendidik menjalankan tugasnya penuh dengan kasih sayang dan dilengkapi dengan kompetensi yang mumpuni. Sementara jika berbicara pendidik yang terkonsep dalam al Qu’an khususnya surah yasin ayat 21 maka dalam pandangan penulis pendidik yang ada di era kekinian belum sepenuhnya dapat mengikuti apa yang tergambarkan dalam surah yasin ayat 21 dimana gaji tidak lagi menjadi prioritas atau tidak mengharapakan imbalan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Ana Rahmawati, Lc., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Pendidik dan Profetik.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an
200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Mar 2023 03:41
Last Modified: 20 Mar 2023 03:41
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5059

Actions (login required)

View Item View Item