NINA KHOIRIL MAIA, 181310003969 (2022) PERBANDINGAN ANTARA SISWA BOARDING SCHOOL DENGAN SISWA NON BOARDING SCHOOL TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM SISWA KELAS XI DI MAN 1 JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 181310003969_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
![[thumbnail of 2. 181310003969BAB I.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. 181310003969BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (285kB)
![[thumbnail of 3. 181310003969_BAB II.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. 181310003969_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (338kB)
![[thumbnail of 4. 181310003969_BAB III.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. 181310003969_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (358kB)
![[thumbnail of 5. 181310003969_BAB IV.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. 181310003969_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (496kB)
![[thumbnail of 6. 181310003969_BAB V.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. 181310003969_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (118kB)
7. 181310003969_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (208kB) | Preview
![[thumbnail of 8. 181310003969_LAMPIRAN.pdf]](https://eprints.unisnu.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. 181310003969_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menelaah kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam siswa boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara. (2) Untuk menelaah kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam siswa non boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara. (3) Untuk membandingkan kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam antara siswa boarding school dengan siswa non boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian survei (field research) dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Jepara dengan sampel 120 siswa kelas XI yang terdiri dari 60 siswa boarding school dan 60 siswa non boarding school. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner (angket) dan dokumentasi. Untuk mengumpulkan data tentang kecerdasan emosional siswa boarding school dan siswa non boarding school digunakan kuesioner (angket) yang disebarkan secara offline. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan rumus teknik analisis statistik dengan menggunakan rumus uji independent sample t test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam siswa boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara tahun pelajaran 2022/2023 termasuk pada kategori sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang didapatkan yaitu sebesar 56 dengan kategori sangat tinggi karena berada pada rentang skor 48-59. (2) Kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam siswa non boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara tahun pelajaran 2022/2023 termasuk pada kategori sangat tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata yang didapatkan yaitu sebesar 54 dengan kategori sangat tinggi karena berada pada rentang skor 48-59. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kecerdasan emosional dalam pendidikan Islam antara siswa boarding school dengan siswa non boarding school kelas XI di MAN 1 Jepara. Perbedaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah lingkungan siswa yang berbeda, pengalaman sosial siswa, serta pelatihan dan pembiasaan siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa’idah, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Boarding School, Siswa, Kecerdasan Emosional. |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam 200 Agama > ISLAM > 2X7.1 Filsafat Islam > 2X7.3 Pendidikan Agama Islam > 2X7.341 Pondok Pesantren |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 03:40 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 03:40 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5058 |