ELLA WAHDATUL LAILA, 161310003677 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS MAFTAHUL FALAH SINANGGUL MLONGGO JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
161310003677_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
161310003677_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
161310003677_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
161310003677_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
161310003677_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
161310003677_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (858kB)
161310003677_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
161310003677_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran daring mata pelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara. (2) Untuk mengetahui kelebihan, kekurangan, peluang serta tantangan pembelajaran daring mata pelajaran akidah akhlak kelas VII MTs Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Jepara
Bentuk Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) karena data-data yang diperlukan diperoleh dari lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Maftahul Falah, peneliti mengambil sampel 20 persen yaitu sebanyak 15 siswa.
Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Implementasi model pembelajaran daring mata pelajaran akidah akhlak kelas VII sudah dilaksanakan dengan baik. Hal ini ditunjukkan dengan konsistennya guru dalam melakukan aktivitas pembelajaran pada grup whatsApp seperti memposting materi hingga pemberian tugas terkumpul. (2) Kelebihan pembelajaran daring antara lain : Pembelajaran lebih fleksibel, siswa dapat menggali pengetahuan lebih luas, siswa dapat mengakses materi. Kekurangan pembelajaran daring yaitu : pembelajaran melalui daring tergolong sulit dipahami, pembelajaran kurang efektif, kuota yang terbatas, beberapa siswa tidak mengirim tugas. Peluang pembelajaran daring : Hubungan orang tua dan siswa menjadi lebih dekat, siswa dapat mengakses materi kapan saja, menghemat biaya transportasi, siswa dapat belajar tanggung jawab. Sedangkan tantangan pembelajaran daring adalah minimnya pengetahuan tentang aplikasi pembelajaran daring, dan jaringan internet yang tidak stabil.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Darnoto, M.Pd.I |
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Model, Pembelajaran Daring. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 374 Pendidikan untuk Orang Dewasa > 374.4 Pendidikan Jarak Jauh |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 06:48 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 06:48 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/5037 |