Search for collections on Publications

ANALISIS MINAT DAN PERKEMBANGAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN AR-RUM EMAS DI KANTOR PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR NGABUL JEPARA

LULUK DEWI NUR KHASANAH, 181420000245 (2022) ANALISIS MINAT DAN PERKEMBANGAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN AR-RUM EMAS DI KANTOR PEGADAIAN SYARIAH CABANG PASAR NGABUL JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181420000245_COVER.pdf]
Preview
Text
181420000245_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181420000245_BAB I.pdf] Text
181420000245_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[thumbnail of 181420000245_BAB II.pdf] Text
181420000245_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[thumbnail of 181420000245_BAB III.pdf] Text
181420000245_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181420000245_BAB IV.pdf] Text
181420000245_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[thumbnail of 181420000245_BAB V.pdf] Text
181420000245_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[thumbnail of 181420000245_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181420000245_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181420000245_LAMPIRAN.pdf] Text
181420000245_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (754kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi nasabah menggunakan produk Ar-rum Emas dan mengetahui perkembangan produk pembiayaan Ar-rum Emas di Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul Jepara. Nasabah lebih berminat untuk menggunakan produk gadai syariah dibanding Ar-rum Emas, sehingga Pegadaian Syariah berusaha agar mampu meningkatkan nasabah produk Ar-rum Emas. Jenis penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer, yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah menggunakan produk pembiayaan Ar-rum Emas terdapat dua faktor. Pertama, faktor internal yang meliputi persepsi, kepercayaan dan sikap, keadaan perekonomian. Kedua, faktor eksternal yang meliputi faktor sosial, promosi, produk dan tempat. Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul Jepara mempromosikan produk Ar-rum Emas dengan membagikan brosur, melalui situs digital Pegadaian Syariah dan cross selling dengan menawarkan produk lain kepada nasabah dimana nasabah tersebut sudah menjadi nasabah Pegadaian Syariah. Perkembangan produk Ar-rum Emas meningkat secara signifikan setiap tahunnya dengan didorong oleh kegiatan Pegadaian Syariah Cabang Pasar Ngabul Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Faiqul Hazmi, S.E.I., M.E.Sy. Pembimbing II : Cahyaning Budi Utami, S.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Ar-rum Emas, Pegadaian Syariah, Minat.
Subjects: 200 Agama > ISLAM > 2X4 Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > 2X4.2 Muamalat, Muamalah /Hukum Perdata Islam > 2X4.231 Mudharabah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syariah
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:36
Last Modified: 13 Mar 2023 07:36
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4997

Actions (login required)

View Item
View Item