Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 KUANYAR

YOGA PRATAMA, 181330000329 (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTU MEDIA RODA PUTAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V SDN 1 KUANYAR. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000329_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000329_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000329_BAB I.pdf] Text
181330000329_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000329_BAB II.pdf] Text
181330000329_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[thumbnail of 181330000329_BAB III.pdf] Text
181330000329_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000329_BAB IV.pdf] Text
181330000329_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of 181330000329_BAB V.pdf] Text
181330000329_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)
[thumbnail of 181330000329_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000329_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181330000329_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000329_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Kuanyar. Penelitian ini berlatar belakang pada kurangnya hasil hasil belajar siswa mata pelajaran IPS khusunya pada materi kegiatan ekonomi di masyarakat, hal ini sesuai hasil wawancara dengan guru kelas V yang menyatakan bahwa pembalajaran IPS siswa hanya mendapatkan nilai tertinggi 76 dan terendah 49 dengan rata-rata 54,29, dari 24 peserta didik hanya terdapat 6 peserta didik yang mendapatkan nilai diatas Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) sedangkan 18 peserta didik lainya mendapatkan nilai dibawah Kreteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji releabilitas, uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji T atau t-test dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini pada observasi pretest menunjukan bahwa nilai terendah adalah 40, sedangkan hasil posttest nilai rendahnya 63. Nilai tertinggi hasil pretest 76, sedangkan hasil posttest menunjukan bahwa nilai adalah 80. Nilai rerata pretest sebesar 54,29 sedangkan, nilai rerata saat posttest sebesar 69,71. Kenaikan nilai pretest dan posttest hasil belajar IPS sebesar 15,42. Hasil penelitian diperkuat lagi dengan uji hipotesis yaitu uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran talking stick berbantu media roda putar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Kuanyar Mayong Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Erna Zumrotun, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Talking Stick, Roda Putar, IPS, Hasil Belajar.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Mar 2023 07:12
Last Modified: 13 Mar 2023 07:12
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4989

Actions (login required)

View Item
View Item