SOFIANA WULAN DARI, 181330000314 (2023) PENGARUH MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN BENDA KONKRET TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II SD NEGERI 3 MENGANTI. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000314_ COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181330000314_ BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
181330000314_ BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (8MB)
181330000314_ BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000314_ BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
181330000314_ BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (846kB)
181330000314_ DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000314_ LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Rendahnya pemahaman konsep Matematika siswa materi perkalian menjadi alasan dilakukannya penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Hasil nilai ulangan siswa kelas II mata pelajaran Matematika materi perkalian menunjukkan bahwa 21 dari 27 siswa memperoleh nilai dibahawah KKM (70). Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penerapan model pembelajaran pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Matematika materi perkalian terhadap pemahaman konsep siswa kelas VII SD Negeri 3 Menganti. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre-eksperimental design dengan benttuk one group pretest posttest. Prosedur pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik non probably sampling atau sample jenuh, karena populasi 27 siswa digunakan dalam pengambilan sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas dan uji linieritas) dan uji hipotesis (uji regresi dan uji paired sample t-test).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan pengaruh sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan presentase pemahaman konsep dari hasil pretest 56% dan hasil posttest 85% tuntas, artinya terdapat peningkatan ketuntasan belajar sebesar 29%. Pada uji paired sample t-test diketahui bahwa nilai Sig(2-tailed) adalah 0,000 maka diperoleh kriteria bahwa 0,000 < 0,05. Hal ini berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Pada uji hipotesis menggunakan uji regresi liner diketahui bahwa nilai taraf signifikansi 0,000 < 0,5, jadi disimpulkan bahwa model persamaan regresi berdasarkan data penelitian adalah signifikan dan memenuhi kriteria. Uji regresi linier sederhana juga diketahui bahwa nilai koefisien regresi adalah 0,48219, artinya arah hubungan antara variabel bebas dan terikat adalah searah atau linier. Berdasarkan RSquare diperoleh hasil sebesar 0,487, artinya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebesar 48,7%.
Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh dan perbedaan model pembelajaran pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap pemahaman konsep Matematika materi perkalian kelas II SD Negeri 3 Menganti.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Wulan Sutriyani, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT), pemahaman konsep, matematika. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:15 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:15 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4988 |