Search for collections on Publications

PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI KECEPATAN KELAS V SDN 2 SUKOSONO KEDUNG JEPARA

FITRI WIDYANINGSIH, 181330000219 (2023) PENGARUH MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MATERI KECEPATAN KELAS V SDN 2 SUKOSONO KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181330000219_COVER.pdf]
Preview
Text
181330000219_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 181330000219_BAB I.pdf] Text
181330000219_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181330000219_BAB II.pdf] Text
181330000219_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181330000219_BAB III.pdf] Text
181330000219_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of 181330000219_BAB IV.pdf] Text
181330000219_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181330000219_BAB V.pdf] Text
181330000219_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (669kB)
[thumbnail of 181330000219_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181330000219_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181330000219_LAMPIRAN.pdf] Text
181330000219_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru ketika menjelaskan dan memberi contoh soal peserta didik sudah mengerti, tetapi saat diberikan contoh yang lain mereka akan mengalami kesulitan dalam mengingat materi karena pemahaman konsep matematika masih rendah di bawah KKM. Kurangnya waktu dalam kegiatan pembelajaran dan guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui mengetahui proses pembelajaran matematika sebelum dan sesudah serta pengaruh model Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika kelas V SDN 2 Sukosono Kedung Jepara.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian Pre-Experimental One-Group Pretest-Posttest. Penelitian ini dilakukan di kelas V SDN 2 Sukosono kedung jepara. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan selama 5 kali pertemuan, yaitu 1 kali pretest, 3 kali pemberian perlakuan, dan 1 kali posttest. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu soal pretest dan posttest yang berjumlah 25 butir soal. Teknik analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 25 yang meliputi uji coba instrumen, uji prasyarat, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil pretest menunjukkan nilai rata-rata 53,29 sedangkan nilai rata-rata posttest 77,74, kenaikan hasil tes pemahaman konsep peserta didik yaitu 24,46. Hal ini diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan nilai thitung sebesar 24,944 > 2,044. Uji hipotesis analisis regresi sederhana yaitu nilai signifikan 0,000 < 0,05 dengan perolehan nilai R Square sebesar 59,7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Numbered Heads Together (NHT) terhadap pemahaman konsep matematika materi kecepatan kelas V SDN 2 Sukosono Kedung Jepara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Numbered Heads Together (NHT), Pemahaman Konsep, Pembelajaran Matematika.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.7 Berhitung untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:08
Last Modified: 13 Mar 2023 04:08
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4986

Actions (login required)

View Item
View Item