DWI WAHYUNI, 181330000220 (2023) EFEKTIVITAS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA PAPAN PINTAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN KELAS III SDN 01 SOWAN KIDUL KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
|
Text
181330000220_COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
181330000220_BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
181330000220_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
![]() |
Text
181330000220_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text
181330000220_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
181330000220_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (758kB) |
|
|
Text
181330000220_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
181330000220_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan yaitu kurang aktifnya peserta didik pada saat proses pembelajaran berlangsung dan peserta didik mengelami kesulitan belajar matematika pada materi pengukuran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain Pre-Experimental Design dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Desaign. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN 01 Sowan Kidul Kedung Jepara. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 01 Sowan Kidul yang berjumlah 25 peserta didik. Penelitian ini dilakukan selama 5 kali pertemuan, yaitu 1 kali pretest, 3 kali pemberian perlakuan, dan 1 kali posttest. jenis variabel pada penelitian ini yaitu variabel bebasnya Model Contextual Teaching And Learning (CTL) dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest dan posttest berupa soal pilihan ganda 25 butir yang digunakan untuk mengukur hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic versi 25 yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji prasyarat, dan uji homogenitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan media tangga pintar terhadap hasil belajar matematika materi pengukuran peserta didik menunjukkan adanya perbedaan sebelum dan sesudah adanya perlakuan. Hal ini dapat dilihat dari nilai pretest dengan rata-rata 60,8 sedangkan nilai posttest rata-rata 77,9, kenaikan hasil belajar peserta didik yaitu 17,1. Hal ini dapat diperkuat dengan uji-t diperoleh nilai signifikan (2-tailed) yaitu 0,000 yang artinya lebih kecil dari 0,05 yang artinya nilai signifikan < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Dan dilihat dari kriteria pengambilan keputusan dari hipotesis, jika thitung > ttabel yakni 9,541 > 2,05954 maka Ho ditolak Ha diterima, yang artinya model pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) berbantuan media papan pintar efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas III SDN 01 Sowan Kidul.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Wulan Sutriyani, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model Contextual Teaching And Learning (CTL), Media Papan Pintar, Hasil Belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:07 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:07 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4985 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |