ALFINA RAHAYU, 181330000281 (2023) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS KINEMASTER TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MUATAN PELAJARAN IPS KELAS VI SDN 2 SUKOSONO KEDUNG JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181330000281_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181330000281_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181330000281_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
181330000281_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
181330000281_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
181330000281_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (665kB)
181330000281_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181330000281_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis kinemaster terhadap hasil belajar peserta didik pada muatan pelajaran IPS dalam materi makna proklamasi dan upaya mempertahankannya kelas VI SDN 2 Sukosono Kedung Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu Pre-Experimental Tipe One-Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reabilitas menggunakan rumus cronbach alpha.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar peserta didik sebelum diterapkan media pembelajaran audio visual berbasis kinemaster pada mata pelajaran IPS dengan KKM 75 mempunyai jumlah nilai 1620 dengan nilai rata-rata sebesar 50,63 hasil data pretest ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik belum mencapai KKM. (2) Hasil belajar IPS setelah diterapkan media pembelajaran audio visual berbasis kinemaster mengalami peningkatan sebesar 28% dengan jumlah nilai 2509 dengan rata-rata 78,41. (3) Penerapan media pembelajaran audio visual berbasis kinemaster ini efektif untuk meningkatkan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t Paired Sample T Test. Diketahui bahwa nilai t hitung 18,792 > t tabel 2.042. dengan taraf signifikan sebesar 0,000, artinya sig < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak atau terdapat kefektifan yang signifikan dalam penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis kinemaster dalam meningkatkan hasil belajar pelajaran IPS dalam materi makna proklamasi dan upaya mempertahankannya pada peserta didik kelas VI SDN 2 Sukosono. Harapannya semoga penelitian ini dapat memberikan manfaat bagi banyak orang dan memberikan perbaikan khususnya dalam pembelajaran IPS di Kelas kelas VI SDN 2 Sukosono.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Syailin Nichla Choirin A, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Media Audio Visual, Kinemaster, Hasil belajar, IPS, siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:06 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:06 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4984 |