PENGEMBANGAN MEDIA GUESS WHEEL SPINNER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI RA MASALIKIL HUDA TAHUNAN

NANIK FARIDA, 181340000081 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA GUESS WHEEL SPINNER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DI RA MASALIKIL HUDA TAHUNAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[img]
Preview
Text
181340000081_COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
181340000081_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
181340000081_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
181340000081_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
181340000081_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
181340000081_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img]
Preview
Text
181340000081_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
181340000081_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Hasil pra penelitian melalui observasi dan wawancara di RA Masalikil Huda Tahunan, diketahui bahwa hasil observasi yang diperoleh terkait keterbatasan media sehingga hanya menggunakan majalah dan menyebabkan anak merasa bosan pada proses kegiatan pembelajaran serta kemampuan kognitif masih rendah. Sehingga diperlukan media pembelajaran yang inovatif dan menarik agar dapat meningkatkan kemampuan kognitif usia 4-5 tahun pada kelompok A RA Masalikil Huda Tahunan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui analisis kebutuhan guru dan siswa,, mengetahui kelayakan media Guess Wheel Spinner, dan untuk mengetahui keefektifan media Guess Wheel Spinner terhadap kemampuan kognitif siswa di RA Masalikil Huda Tahunan.
Jenis Penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) menggunakan pengembangan Sugiyono. Prosedur pengembangan penelitian ini menggunakan model ADDIE (Analysis (Analisa), Design (Perancangan), Development and Implementation (Pengembangan dan Penerapan), Evaluation (Evaluasi). Data penelitian diperoleh menggunakan observasi, wawancara, angket. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen One Group Pretest Posttest Design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Guess Wheel Spinner terhadap kemampuan kognitif dinyatakan layak oleh ahli materi sebesar 88% dengan kriteria valid, ahli media sebesar 94,6% dengan kriteria valid. Hasil uji coba terbatas pretest yang diperoleh mendapatkan rata-rata nilai 55,25 dan posttest skala besar sebesar 68,67. Peningkatan sebesar 13.42. Media ini telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Hasil uji hipotesis menggunakan uji T-test (Paired Sample Test) dengan bantuan program SPSS 25, pada output diketahui Sig (2-tailed) = 0.000 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar sebelum dan sesudah menggunakan media Guees Wheel Spinner terhadap kemampuan kognitif siswa di RA Masalikil Huda Tahunan. Kesimpulannya media Guees Wheel Spinner terhadap kemampuan kognitif yang dikembangkan, layak dan efektif dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa di RA Masalikil Huda Tahunan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Nofan Zulfahmi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media, Guees Wheel Spinner (Roda Berputar), Kemampuan Kognitif.
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan Dasar (Play Group, PAUD, TK, SD) > 372.5 Kesenian dan Pekerjaan Tangan untuk Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Paud
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 13 Mar 2023 04:05
Last Modified: 13 Mar 2023 04:05
URI: http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4982

Actions (login required)

View Item View Item