DEWI SHINTA PRAMESWARI N, 171320000365 (2022) AN ANALYSIS OF READING MATERIAL IN ENGLISH TEXBOOK BASED ON MERDEKA BELAJAR CURRICULUM FOR THE ELEVENTH GRADE OF SENIOR HIGH SCHOOL. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171320000365_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
171320000365_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
171320000365_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
171320000365_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
171320000365_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (13MB)
171320000365_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (704kB)
171320000365_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
171320000365_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apakah bahan bacaan dalam Buku Ajar Bahasa Inggris “Bahasa Inggris” untuk kelas XI SMA memenuhi kriteria Kurikulum Merdeka Belajar dan kerangka BSNP untuk evaluasi buku teks. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk memahami kualitas bahan bacaan. Penelitian ini dirancang sebagai analisis isi dalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif, dengan hasil yang dideskripsikan dalam bentuk naratif. Daftar periksa dikembangkan berdasarkan kerangka BSNP (2014) untuk evaluasi buku teks, dengan fokus pada bidang relevansi bahan bacaan dengan kurikulum Merdeka Belajar dan aspek isi, aspek penggunaan bahasa, dan keterbacaan, dan aspek penyajian. Data dikumpulkan dari bagian membaca buku teks bahasa Inggris. Buku teks bahasa Inggris "Bahasa Inggris" diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa bahan bacaan dalam buku teks Bahasa Inggris “Bahasa Inggris” relevan dengan Kurikulum Merdeka Belajar dan kerangka BSNP untuk evaluasi buku teks. Hasil analisis antara relevansi bahan bacaan dengan kriteria kurikulum adalah 64% termasuk dalam kategori sesuai. Menurut hasil analisis bahan bacaan setiap aspek berdasarkan evaluasi buku teks yang diadaptasi dari BSNP memenuhi kategori baik, aspek isi 95%, aspek penggunaan dan keterbacaan bahasa 87,5%, dan aspek penyajian 85% . Alhasil, buku teks bahasa Inggris edisi revisi 2017 berbasis K13 dapat digunakan dalam kurikulum Merdeka Belajar. Namun, ada beberapa hal yang masih kurang untuk mencapai hasil belajar dalam kurikulum pembelajaran mandiri. Sehingga guru dapat menyesuaikan keadaan dengan melakukan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Hayu Dian Yulistianti, S. Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Bahan Bacaan Reading, Buku Text, Kurikulum Merdeka Belajar. |
Subjects: | 400 Bahasa > 420 Bahasa Inggris > 421.55 Reading Skill in English |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 04:02 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 04:02 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4979 |