AINAN SALSABILLA, 181320000389 (2022) DESIGNING ENGLISH BOOK BASED AUDIO VISUAL LEARNING MEDIA IN TEACHING ENGLISH (A Research and Development at Tenth Grade of SMK Islam Jepara). Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
181320000389_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
181320000389_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181320000389_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
181320000389_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
181320000389_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
181320000389_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (537kB)
181320000389_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
181320000389_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Bahasa Inggris penting karena merupakan bahasa internasional. Saat ini, bahasa Inggris mendominasi di segala bidang. Hal ini membuat orang yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik akan mampu bersaing di dunia kerja. Untuk itu, siswa perlu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Media pembelajaran yang menarik diperlukan agar proses belajar dan mengajar efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran buku bahasa Inggris berbasis audio visual, mengetahui kelayakannya, dan mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran buku bahasa Inggris berbasis audio visual dalam pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa kelas X di jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran. Metode yang digunakan adalah Research and Development (Rnd) yang mengadaptasi langkah dari Borg dan Gall yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk, (8) Uji Coba Penggunaan, (9) Revisi Produk, (10) Produk Akhir. Peneliti melakukan penelitian di SMK Islam Jepara. Instrumen yang digunakan adalah angket, lembar validasi, tes, dan observasi.
Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran buku bahasa Inggris berbasis audio visual. Kelayakan media sebesar 84,8% termasuk dalam kategori sangat baik. Pada uji coba pertama, nilai pretest 70,42 dan nilai posttest 82,57. Pada uji coba kedua, nilai kelas kontrol adalah 76,85 dan nilai kelas eksperimen adalah 84,14. Di bagian sig. (2-tailed) menunjukkan bahwa 0,00 < 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya hasil t-test lebih besar dari t-tabel yaitu 5,960 > 1,995. Selain itu, hasil observasi menunjukkan keterampilan berbicara siswa di kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Oleh karena itu, media pembelajaran buku bahasa Inggris berbasis audio visual efektif untuk mengajar bahasa Inggris.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Husni Mubarok, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Inggris, Perancangan, Buku Bahasa Inggris, Media, Audio visual. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:57 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:57 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4975 |