AHMAD TAJUDIN, 151310003500 (2022) ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII MTS MASALIKIL HUDA TAHUNAN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 151310003500_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 151310003500_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (591kB)
3. 151310003500_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (613kB)
4. 151310003500_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (845kB)
5. 151310003500_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (450kB)
6. 151310003500_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (346kB)
7. 151310003500_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (287kB) | Preview
8. 151310003500_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (434kB)
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara. 2) Mendeskripsikan hasil penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan jenis field research, yaitu penelitian yang dilakukan dengan pengamatan langsung ke lapangan. Hasil penelitian ini ialah 1) Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara. a) Perencanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran SKI dengan pembuatan RPP, b) Pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran SKI melalui kegiatan pokok yaitu kegiatan pendahuluan; kegiatan inti yang terdiri dari mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/mencoba, menalar/menagosiasi, dan mengkomunikasikan; kegiatan penutup, c) Evaluasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran SKI dilakukan dengan guru mengulang pelajaran yang telah diajarkan diawal atau diakhir pembelajaran. 2) Hasil Penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII MTs Masalikil Huda Tahunan Jepara ialah peserta didik menjadi lebih kreatif, aktif, produktif, inovatif, afektif dan mandiri dalam proses pembelajaran di kelas ataupun di luar kelas. Penilaian dapat dilihat dari penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Selain itu, peserta didik dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berfikir peserta didik, meningkatkan motivasi, semangat peserta didik dan guru, serta meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Nusrotus Sa`idah, S.Pd., M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan Saintifik, Sejarah Kebudayaan Islam. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:55 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:55 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4972 |