AHMAD SYAFI’I, 161310003556 (2022) KONSEP PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KITAB FATHUR ROBBANI KARYA SYEH ABDUL QODIR JAILANI. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
161310003556_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
161310003556_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (291kB)
161310003556_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (439kB)
161310003556_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (320kB)
161310003556_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (405kB)
161310003556_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (197kB)
161310003556_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (146kB) | Preview
Abstract
Pendidikan karakter mempunyai tujuan sebagai alternatif yang terlahir untuk menguatkan dan menjaga karakter yang telah tertancap sejak dulu sebagai kearifan dan character nature yang pernah dimiliki oleh bangsa ini. Pendidikan karakter dalam pendidikan Islam pada tataran teori dan konsep sangat sedikit yang bisa dibaca dan dinikmati. Pada umumnya, selain al-Qur’an dan Hadist, pendidikan karakter hanya mengacu dan bergumul kepada karya-karya al-Gazali dan al-Zarnuji. Penggalian karya Abdul Qadir al-Jailani amat penting karena memiliki peran dalam penyebaran Islam di Indonesia. Dengan demikian, maka kitab yang banyak mengkaji tentang Pendidikan karakter adalah Fathur Robbani karena ajaran maupun konsep Pendidikan karakter Syeh Abdul Qadir al-Jailani, sudah barang tentu dipraktikkan dikalangan sufi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1. Konsep pendidikan karakter dalam kitab Fathur Robbani Karya Syeh Abdul Qodir Jailani, 2. model dan pola pendidikan karakter dalam Kitab Fathur Robbani Karya Syeh Abdul Qodir Jailani yang dapat diterapkan dalam pendidikan Islam.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian jenis penelitian kualitatif kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik library research (penelitian kepustakaan). Teknik analisis data menggunakan metode analisis isi (content analysis).
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Konsep kitab Fathur Robbani Karya Syeh Abdul Qodir Jailani tentang pendidikan karakter meliputi: bab 1, jangan berpaling dari Allah, bab 7, sabar, bab 14, jangan munafik, bab 16, beramal dengan Al-Qur’an, bab 20, bicara tanpa disertai perbuatan, bab 27, jangan jadi pendusta, bab 31, marah yang terpuji dan tercela, bab 36, beramal ihlas karena Allah, bab 37, membesuk orang sakit, bab 48, amal sholih dan bab 49, memberi pada peminta/pengemis. 2. Model dan pola pendidikan karakter dalam Kitab Fathur Robbani Karya Syeh Abdul Qodir Jailani yang dapat diterapkan dalam pendidikan Islam Model dan pola pendidikan karakter dalam Kitab Fathur Robbani Karya Syeh Abdul Qodir Jailani yang dapat diterapkan dalam pendidikan Islam menggunakan pendekatan humanis, metode nasihat dan model pembelajaran tematik sebagai metode pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Muhammad Natsir, M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Konsep Pendidikan Karakter, Kitab Fathur Robbani Karya Syeh Abdul Qodir Jailani. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370.114 Pendidikan Karakter, Pendidikan Moral |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:54 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:54 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4971 |