AHMAD KHOIRUL ANAM, 151310003347 (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FASILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MADRASAH ALIYAH MAFTAHUL FALAH SINANGGUL MLONGGO TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
151310003347_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
151310003347_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
151310003347_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
151310003347_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
151310003347_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
151310003347_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (831kB)
151310003347_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB) | Preview
151310003347_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah 1) Untuk menjelaskan Model Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining (SFAE) yang sesuai dengan prosedur. 2)Untuk mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining (SFAE) Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Tahun Pelajaran 2020/2021. 3)Untuk mengetahui saja hambatan dan faktor pendukung dalam implementasi Model Pembelajaran Student Fasilitator And Explaining (SFAE) Pada Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Tahun Pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa model pembelajaran Student Fasilitator and Explaining (SFAE) yang sesuai dengan prosedur yaitu yang memenuhi 6 langkah-langkah pembelajran dengan benar dan runtut. Implementasi model pembelajaran Student Fasilitator And Explaining (SFAE) pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Maftahul Falah Sinanggul Mlonggo Tahun Pelajaran 2020/2021 dilakukan guru pada mata materi jual beli dan sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang sesuai prosedur. Implementasi model pembelajaran tersebut juga meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Fiqih. Kemudian, sikap yang ditunjukkan siswa selama model pembelajaran berlangsung sangat kooperatif meliputi keaktifan dan antusias yang tinggi. Faktor yang terjadi dapat dipengaruhi oleh siswa yang kurang memiliki motivasi dalam belajar dan juga faktor lain seperti media embelajaran yang kurang memadai seperti LCD proyektor yang masih harus bergantian dengan guru yang lain serta faktor pendukungnya adalah pihak sekolah serius dalam mendukung proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Darnoto, M.Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Student Fasilitator and Explaining (SFAE), Mata Pelajaran Fiqih. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 13 Mar 2023 03:46 |
Last Modified: | 13 Mar 2023 03:46 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4969 |