AFIFATUN NIKMAH, 181310003964 (2022) PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU QIRO’ATI DI LEMBAGA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) BAHRUL MA’ARIF DI DESA TULAKAN KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
|
Text
181310003964_COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
![]() |
Text
181310003964_BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
181310003964_BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
181310003964_BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text
181310003964_BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
![]() |
Text
181310003964_BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (850kB) |
|
|
Text
181310003964_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text
181310003964_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui tugas dan tanggung jawab guru Qiro’ati di lembaga TPQ Bahrul Ma’arif. (2) untuk mengetahui peningkatan profesionalisme guru Qiro’ati di lembaga TPQ Bahrul Ma’arif. (3) untuk mengetahui implikasi peningkatan profesionalisme guru terhadap pembelajaran Qiro’ati di lembaga TPQ Bahrul Ma’arif.
Penelitian ini merupakan jenis dari penelitian field research (studi lapangan) yang berbentuk kualitatif dan dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Adapun subyek dari penelitian ini yaitu peneliti sendiri, sedangkan obyek dari penelitian ini adalah kepala TPQ, Ustadz-ustadzah TPQ Bahrul Ma’arif, pengurus TPQ Bahrul Ma’arif di desa Tulakan Donorojo Jepara.
Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan yaitu menunjukkan bahwa : (1) tugas dan tanggung jawab guru Qiro’ati di lembaga TPQ Bahrul Ma’arif yaitu tugas umum guru TPQ ada empat hal diantaranya mengajar, mendidik, melatih, dan mengevaluasi. Sedangkan tanggung jawab guru TPQ yaitu tanggung jawab moral, tanggung jawab pendidikan serta tanggung jawab kemasyarakatan. (2) peningkatan profesionalisme guru Qiro’ati di lembaga TPQ Bahrul Ma’arif yaitu dengan adanya pembinaan, dimana dengan adanya pembinaan tersebut guru akan lebih terarah, peningkatan profesionalisme guru dapat dilihat dari dua aspek yaitu aspek eksternal dan aspek internal. (3) implikasi peningkatan profesionalisme terhadap pembelajaran Qiro’ati yaitu adanya dampak positif terhadap ustadzah dengan diadakannya pembinaan yang dilaksanakan oleh lembaga koordinasi kecamatan terhadap ustadz-ustadzahnya TPQ Bahrul Ma’arif setiap satu minggu satu kali mampu meningkatkan profesionalisme guru serta peningkatan dalam membenahi kompetensinya. Sehingga mampu mewujudkan kesuksesan para santrinya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Muhammad Natsir, S.S., M.Pd |
Uncontrolled Keywords: | Tugas, Tanggung Jawab, Peningkatan Profesionalisme Guru, Dampak Positif, TPQ Bahrul Ma’arif. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:56 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:56 |
URI: | http://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4953 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |