RINA LATIFAH, 141310003208 (2021) PENDIDIKAN INKLUSIF ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PERSPEKTIF AL-QUR’AN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
141310003208_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
141310003208_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
141310003208_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
141310003208_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
141310003208_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
141310003208_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (653kB)
141310003208_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (783kB) | Preview
141310003208_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (125kB)
Abstract
Latar belakang judul ini adalah memperlakukan dan melayani anak sesuai kebutuhannya. Bahwa anak mempunyai hak untuk memperoleh pendidikan yang ramah dan tidak diskriminatif. Karena setiap anak memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang berbeda. Pendidikan inklusif memberikan kesempatan kepada semua anak yang memiliki kelainan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran ayat al-Qur’an tentang anak berkebutuhan khusus dan bagaimana mendeskripsikan pendidikan inklusif dalam perspektif al-Qur’an.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data menggunakan studi kepustakaan dengan metode tahlili dan metode muqaran. Dalam hal ini penelitian difokuskan pada mengkaji ayat al-Qur’an tentang anak berkebutuhan khusus yang terdapat pada surat al-An’am ayat 39, surat Yunus ayat 43, surat al-Hujurat ayat 11 dan 13 serta surat abasa ayat 1-10.
Dari pembahasan yang sudah peneliti paparkan, maka penulis menyimpulkan bahwasanya pada kajian ayat diatas memberi pemahaman bahwa Allah tidak pernah memandang status sosial hamba-Nya. Dihadapan Allah semua manusia itu sama, yang membedakan manusia satu dengan manusia lainnya adalah terletak paada ketaqwaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Azzah Nur Laila, S.Th., M.S.I |
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus, perspektif Al-Qur’an. |
Subjects: | 200 Agama > ISLAM > 2X1 Al-Qur'an > 2X1.6 Kandungan Al-Qur'an 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.9 Pendidikan Khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:07 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:07 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4944 |