RINIS ULIN MAGFUROH, 131310002816 (2019) PENGARUH PENILAIAN TENTANG METODE DEMONTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS IV MI MATHOLIUL HUDA SRIKANDANG BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 31310002816_COVER.pdf
Download (3MB) | Preview
2. 31310002816_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (496kB)
3. 31310002816_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (479kB)
4. 31310002816_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (229kB)
5. 31310002816_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (456kB)
6. 31310002816_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (242kB)
7. 31310002816_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (216kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran Mata Pelajaran Fiqih di MI Matholiul Huda Srikandang masih didominasi oleh metode ceramah/ekspositori. Siswa sangat cenderung mengharapkan pembelajaran cepat paham melalui penggunaan metode Demontrasi pada mata pelajaran Fiqih metode ini banyak mengembangkan ketrampilan berpikir kritis siswa, untuk memecahkan suatu masalah di sekitarnya dan juga memotivasi siswa untuk berperan secara aktif dalam pembelajaran, sehingga kualitas pembelajaran menjadi semangat dan prestasi belajar siswa juga cepat tercapai drngan baik. Salah satu cara yang dapat mrealisasi hal tersebut adalah pembelajaran dengan metode demontrasi, ternyata siswa menilai metode tersebut merupakan salah satu metode cepat paham. Dengan memahami hal tersebut di atas, penulis mencoba meneliti tentang penerapan metode demontrasi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi belajar siswa, siswa menilai positif terhadap metode demontrasi, fokus penelitian ini adalah penilaian siswa pada metode demontrasi dan prestasi belajar fiqih serta pengelolaan pembelajaran sebagai data tambahan untuk bahan refleksi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode demontrasi, oleh siswa.
Dalam melakukan proses pembelajaran guru mata pelajaran fiqih, dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) Menemukan penilaian siswa terhadap metode demontrasi yang tepat dalam meningkatkan prestasi mata pelajaran fiqih kelas IV MI Matholiul Huda Srikandang, (2) Meningkatkan taraf seraf siswa/prestasi belajar siswa MI Matholiul Huda Srikandang secara umum, dan khususnya guru mata pelajaran fiqih.
Metode Demontrasi salah satu metode untuuk mempertajam pemahaman pembelajaran terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang membuktikan penilaian siswa terhadap metode demontrasi sangat membantu pada peningkatan prestasi pembelajaran di MI Matholiul Huda Srikandang Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara.
Data diperoleh dari hasil observasi lapangan, wawancara, dan angket siswa kelas IV MI Matholiul Huda Srikandang, setelah terhimpun kemudian diolah lalu dianalisissehingga menemukan kesimpulan, 1. Ada peningkatan penilaian siswa pada metode demontrasi. 2. Dapat meningkatkan prestasi belajar fiqih, 3. Ada korelasasi antara metode demontrasi dan prestasi belajar. Setelah diolah terdapat korelasi yang signifikan sebesar 1,007.
Dengan melalui penggunaan metode mengajar dengan pemilihan metode yang tepat sesuai dengan materi dapat meningkatkan prestasi siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Sa`dullah Assa`idi, M.Ag |
Uncontrolled Keywords: | Metode demontrasi, prestasi siswa. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:05 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:05 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4941 |