NUR IZZATUN NISA’, 141310003197 (2020) PENGARUH PENILAIAN TENTANG METODE DEMONTRASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR FIQIH SISWA KELAS IV MI MATHOLIUL HUDA SRIKANDANG BANGSRI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 141310003197_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 141310003197_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (362kB)
3. 141310003197_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (472kB)
4. 141310003197_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (380kB)
5. 141310003197_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (345kB)
6. 141310003197_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (141kB)
7. 141310003197_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1.Untuk mengetahui konsep pengembangan pendidikan akhlak menurut Oemar Hamalik. 2.Untuk mengetahui implementasi pengembangan pendidikan akhlak menurut Oemar Hamalik di Mts Darul Ulum Kalinyamatan Jepara. 3. Untuk mengetahui apa saja yang mendukung dan menghambat dalam implementasi pengembangan pendidikan akhlak menurut Oemar Hamalik di MTs Darul Ulum Kalinyamatan Jepara..
Teknik analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang sudah tersedia dari berbagai sumber yaitu pengamatan, wawancara dan dokumentasi dengan mengadakan reduksi data, yaitu data-data yang diperoleh di lapangan dirangkum dengan memilih hal-hal yang pokok serta disusun lebih sistematis, sehingga mudah dikendalikan
Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Konsep pengembangan pendidikan akhlak menurut Oemar Hamalik, adalah mengedepankan nilai-nilai akhlak dalam peraturan Madrasah melalui proses pembelajaran yang Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Demokratis, Semangat kebangsaan, dan Cinta Tanah Air. 2.Implementasi pengembangan pendidikan akhlak menurut Oemar Hamalik di Mts Darul Ulum Kalinyamatan Jepara, adalah melalui pembiasaan. Melalui pendekatan pembiasaan ini, peserta didik cukup mampu berakhlak mulia terus menerus dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan yang ditanamkan kepada diri peserta didik ialah peserta didik dibiasakan untuk berdoa terlebih dahulu sebelum memulai dan mengakhiri pembelajaran, membaca Asmaul Husna, tahfidz, shalat dhuha berjamaah, shalat dhuhur berjamaah, membaca kitab Rotib, pembacaan Maulid, berinfaq, dan mengucapkan salam ketika bertemu dengan siapapun. 3.Faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan pendidikan akhlak menurut Oemar Hamalik di MTs Darul Ulum Kalinyamatan Jepara, Faktor pendukung: Kesadaran, Kemauan Siswa, Rasa Tanggung Jawab Guru rumpun Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti, Lingkungan sekolah yang kondusif, Sarana Prasarana. Faktor penghambat: Latar belakang Siswa Yang Kurang Mendukung, Lingkungan Masyarakat (Pergaulan Siswa), Kurangnya rasa solidaritas antara guru rumpun agama dan guru bidang studi umum, Pengaruh Teknologi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Amir Gufron, M.Ag. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:04 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:04 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4939 |