Search for collections on Publications

PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA SIKLUS MAHKLUK HIDUP BERBASIS ANDROID DI SDN 04 SROBYONG

VINA AGUSTININGRUM, 171240000638 (2022) PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA SIKLUS MAHKLUK HIDUP BERBASIS ANDROID DI SDN 04 SROBYONG. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171240000638-COVER.pdf]
Preview
Text
171240000638-COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 171240000638-BAB I.pdf] Text
171240000638-BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[thumbnail of 171240000638-BAB II.pdf] Text
171240000638-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[thumbnail of 171240000638-BAB III.pdf] Text
171240000638-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[thumbnail of 171240000638-BAB IV.pdf] Text
171240000638-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[thumbnail of 171240000638-BAB V.pdf] Text
171240000638-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[thumbnail of 171240000638-DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171240000638-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview
[thumbnail of 171240000638-LAMPIRAN.pdf] Text
171240000638-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)

Abstract

Pembelajaran IPA salah satu wahana bagi murid dalam mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, Tumbuhan dan hewan memiliki daur hidup yang berbeda, daur hidup ini bertujuan untuk mempertahankan keberadaan jenisnya.setiap hewan memiliki tahapan siklus hidup yang berbeda beda. Tahap perubahan bentuk yang sangat berbeda yang dialami hewan sejak menetas sampai dewasa disebut metamorfosis.Metamorfosis mulai dipelajari dari bangku sekolah dasar salah satunya di SDN 04 Srobyong yang beralamat di desa Srobyong RT.05, RW02 Kecamatan Mloggo, Kabupaten Jepara. Menurut bapak FahrizalHusni,S.Pd. selaku guru kelas 4 di SD tersebut, menjelaskan bahwa “dalam proses mengajar pada umumnya masih didominasi dengan pembelajaran konvensional, sehingga murid kurang aktif dalam menelusuri proses pembelajaran. Meskipun siswa sudah diberi buku ajar, siswa masih harus mencari tambahan materi dari google.Dikarenakan dalam buku ajar gambar belum berwarna dan kurang jelas sehingga siswa kurang memahami maksud dari gambar tersebut. sehingga siswa mencari materi sendiri di google” Agar mengajar menjadi lebih hidup dengan memanfaatkan android yang dapat diakses offline oleh karena itu peneliti membangun aplikasi materi tentang siklus makhluk hidup yang dirancang dengan teknologi Augmented Reality disajikan secara virtual dengan menampilkan materi daur hidup hewan sehingga materi langsung tersampaikan ke siswa secara langsung dengan ditampilkan di smartphone masing-masing, dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan mampu meningkatkan nilai pembelajaran yang awalnya 7.5 menjadi 8.5.. Metode pembuatan aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu RAD (Rapid Application Development) hasil dari penelitian ini berupa aplikasi siklus hidup yang mampu meningkatkan nilai pembelajaran siswa dan siswi di SDN 4 Sroboyang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : R. H. Kusumodestoni, S.Kom, M.Kom Pembimbing II : Ir. Adi sucipto, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Android, Siklus Hidup, Kupu-Kupu, Belalang.
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android)
300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:25
Last Modified: 03 Mar 2023 02:25
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4867

Actions (login required)

View Item
View Item