Search for collections on Publications

IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA C4.5 DALAM MEMPREDIKSI PENERIAMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 1 JEPARA

SELA ANJAYANI, 161240000557 (2022) IMPLEMENTASI DATA MINING ALGORITMA C4.5 DALAM MEMPREDIKSI PENERIAMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA JURUSAN TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 1 JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 161240000557_COVER.pdf]
Preview
Text
161240000557_COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 161240000557_BAB I.pdf] Text
161240000557_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[thumbnail of 161240000557_BAB II.pdf] Text
161240000557_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[thumbnail of 161240000557_BAB III.pdf] Text
161240000557_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[thumbnail of 161240000557_BAB IV.pdf] Text
161240000557_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)
[thumbnail of 161240000557_BAB V.pdf] Text
161240000557_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[thumbnail of 161240000557_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
161240000557_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of 161240000557_LAMPIRAN.pdf] Text
161240000557_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (447kB)

Abstract

Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting dalam mempersiapkan generasi penerus yang memiliki pengetahuan dan kecerdasan tinggi serta mampu menguasai berbagai keahlian yang kompeten. Pemerintah Indonesia melaksanakan Program Indonesia Pintar (PIP) untuk terus mengupayakan wajib belajar 12 tahun, untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Berdasarkan informasi dari hasil wawancara dengan pihak penerimaan peserta didik baru SMK Negeri 1 Jepara, bahwa penerimaan peserta didik baru jurusan teknik komputer dan jaringan seiring berjalannya waktu semakin meningkat. Akan tetapi pihak sekolah masih memiliki kendala dalam menentukan peserta didik baru jurusan teknik komputer dan jaringan yang tepat. Dari permasalahan tersebut, maka diterapkan algoritma C4.5 untuk menentukan penerimaan peserta didik pada jurusan teknik komputer dan jaringan secara terperinci dan dalam waktu yang singkat. Pada penelitian ini menggunakan data sebanyak 422 data yang diambil dari penerimaan peserta didik baru pada tahun 2021/2022 dengan 17 atribut yaitu nama, jenis kelamin, kapasitas, status domisili, status siswa, nilai kejuaraan, nilai akreditasi, buta warna, gangguan pendengaran, gangguan mulut dan gigi, nilai Matematika, nilai bahasa Inggris, nilai bahasa Indonesia, nilai IPA, nilai akhir, rata-rata, dan jurusan. Serta 1 class target yaitu jurusan. Data akan melalui proses pengolahan data yaitu penyusunan data, seleksi atribut, dan pembersihan data. Dataset yang telah melalui preprocessing data dilakukan perhitungan dengan algoritma C4.5 dan pengujian menggunakan RapidMiner didapatkan sebanyak 24 rules dengan nilai akurasi sebesar 85,27% dan nilai AUC sebesar 0,844 sehingga dikategorikan sebagai klasifikasi yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Buang Budi Wahono, S.Si., M.Kom. Pembimbing II : R. H. Kusumodestoni, S.Kom., M.Kom
Uncontrolled Keywords: Algoritma C4, Data Mining, Penerimaan Peserta Didik Baru, RapidMiner.
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.66 Metode Transmisi Data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 03 Mar 2023 02:22
Last Modified: 03 Mar 2023 02:22
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4864

Actions (login required)

View Item
View Item