Search for collections on Publications

PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS DALAM PENENTUAN SISWA BERMASALAH DI SMK WALISONGO PECANGAAN BERDASARKAN ANECDOTAL RECORD

NUR AHMAD MUTANASSIK, 161240000587 (2020) PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS DALAM PENENTUAN SISWA BERMASALAH DI SMK WALISONGO PECANGAAN BERDASARKAN ANECDOTAL RECORD. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.

[thumbnail of 1. 161240000587_COVER.pdf]
Preview
Text
1. 161240000587_COVER.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2. 161240000587_BAB I.pdf]
Preview
Text
2. 161240000587_BAB I.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 3. 161240000587_BAB II.pdf]
Preview
Text
3. 161240000587_BAB II.pdf - Published Version

Download (677kB) | Preview
[thumbnail of 4. 161240000587_BAB III.pdf]
Preview
Text
4. 161240000587_BAB III.pdf - Published Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of 5. 161240000587_BAB IV.pdf]
Preview
Text
5. 161240000587_BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6. 161240000587_BAB V.pdf]
Preview
Text
6. 161240000587_BAB V.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 8. 161240000587_Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
8. 161240000587_Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[thumbnail of 8. 161240000587_Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 161240000587_Lampiran.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam lingkup pendidikan, penilaian siswa tidak hanya berdasarkan nilai akademik maupun non-akademik tetapi juga penilaian dalam karakter siswa itu sendiri, dengan adanya catatan kejadian siswa semua aktivitas siswa akan tercatat. Namun dalam penerapannya perlu metode dalam penentuan siswa bermasalah agar cepat serta akurat dalam penentuannya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data Anecdotal Record, berjumlah 47 untuk semua siswa di SMK Walisongo Pecangaa Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 533 siswa. Dalam pengambilan data menggunakan data kejadian siswa meliputi Aspek Sikap perilaku, Aspek Kerajinan dan Aspek Kerapian. Data akan diolah dengan melakukan clustering siswa dalam bermasalah, atau tidak bermasalah. Metode clustering yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode K-Means.Perhitungan secara manual dan menggunakan tools RapidMinner menghasilkan hasil yang sama yakni siswa bermasalah sejumlah 67 siswa dan siswa tidak bermasalah sejumlah 446 siswa. Dengan nilai Davies Bouldin Index pada perhitungan secara manual mendapatkan score 0,90 dan menggunakan tools RapidMinner mendapatkan score 0,397.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Nur Aeni Widiastuti, S.Pd., M.Kom Pembimbing II : Teguh Tamrin, S.Kom.,M.Kom
Uncontrolled Keywords: Siswa Bermasalah, Anecdotal Record, Algoritma K-Means, Clustering.
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 001 Ilmu Pengetahuan > 001.4 Riset, Metode Statistik
000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika > 004.66 Metode Transmisi Data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 18 Nov 2021 07:18
Last Modified: 18 Nov 2021 07:18
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item
View Item