FIMA ALDIYAN, 171240000712 (2022) GAME CREATIVE UKIR BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE DI SD NEGERI 05 PECANGAAN WETAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
171240000712_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
171240000712_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (305kB)
171240000712_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (716kB)
171240000712_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (727kB)
171240000712_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
171240000712_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (461kB)
171240000712_Daftar Pustaka.pdf
Download (390kB) | Preview
171240000712_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Seni ukir atau ukiran merupakan gambar hiasan dengan bagian-bagian cekung (kruwikan) dan cembung (buledan) yang membentuk suatu gambar yang indah. Pengertian ini berkembang hingga dikenal sebagai seni ukir yang merupakan seni membentuk gambar pada kayu, batu, atau bahan-bahan lain. Dengan permasalahan diatas maka peneliti bertujuan untuk merancang game edukasi creative ukir yaitu aplikasi game belajar sambil bermain dan dibuat dengan aplikasi Construct 2 dengan menggunakan Algoritma Fisher Yates Shuffle dan metode RAD. Game dirancang dengan tujuan untuk menggali minat belajar anak akan materi pelajaran sambil bermain, sehingga yang awalnya permainan hanya berfungsi sebagai media penghibur, akhirnya dapat dipakai sebagai media pembelajaran. Sehingga anak akan lebih merasa senang dan diharapkan anak akan lebih mudah memahami tentang materi pembelajaran yang diberikan oleh pengajar. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah aplikasi Game Creative Ukir yang dirancang untuk memberikan pengetahuan peserta didik mengenai motif-motif ukir, sehingga dapat mengetahui jenis-jenis dan motif ukir-ukiran sejak usia dini, dan secara tidak langsung aplikasi ini dapat membantu dalam melestarikan budaya ukir. Hasil pengujian dari aplikasi ini untuk Ahli Media mencapai 100% dan ber kriteria sangat layak, untuk Ahli Materi 100% dan ber kriteria sangat layak, serta responden masyarakat/wali peserta didik 96.78% yang menghasilkan kesimpulan sangat layak. Sehingga aplikasi ini dapat digunakan pada oleh SD Negeri 05 Pecangaan Wetan untuk digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Sarwido, S.E., M.M. Pembimbing II : Akhmad Khanif Zyen, S.Kom., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Ukir, Game, Algoritma Fisher Yates Shuffle, RAD, Construct 2, Android. |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android) 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 02:33 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 02:33 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4750 |