EDY SAPUTRA, 161240000502 (2022) ALGORITMA FUZZY SUGENO UNTUK PENENTUAN SKOR BINTANG PADA GAME HIJAIYAH DI MI TERPADU AL FALAH KALINYAMATAN. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 161240000502_COVER.pdf
Download (1MB) | Preview
2. 161240000502_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (165kB)
3. 161240000502_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (584kB)
4. 161240000502_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (282kB)
5. 161240000502_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
6. 161240000502_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (45kB)
7. 161240000502_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (126kB) | Preview
8. 161240000502_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Huruf hijaiyah merupakan bahasa pokok dalam Al Qur’an dan Hadist dari bahasa arab, sehingga menjadi kunci pokok untuk membaca Al-Qur’an dan Hadist. Huruf hijaiyah merupakan materi yang ada pada mata pelajaran Al-Qur’an hadist di pendidikan agama islam di tingkat Madrasah Ibtidaiyah Al Falah Bakalan Kalinyamatan. Kemampuan membaca huruf hijaiyah tanpa harokat sangat penting bagi siswa. Mengingat ada banyak buku pengajaran saat ini, mengajarkan cara cepat membaca alquran, sehingga siswa sampai lupa pentingnya mengenal dan memahami huruf hijaiyah tanpa harakat. Dengan permasalahan diatas maka peneliti bertujuan untuk membuat game hijaiyah dengan menerapkan algoritma fuzzy sugeno untuk penentuan skor bintang dengan menggunakan metode GRAPPLE. Game Hijaiyah dirancang dengan tujuan untuk mengukur efektifitas dari algoritma fuzzy sugeno dalam menentukan skor bintang dan murid akan lebih merasa senang dan diharapkan murid akan lebih mudah memahami tentang materi pembelajaran yang diberikan oleh pengajar. Adapun algoritma fuzzy sugeno ini meliputi penentuan skor bintang secara otomatis berdasarkan Poin (P) dan Waktu(W) yang diperoleh saat memainkan game hijaiyah. Penerapan algoritma fuzzy sugeno pada permainan cari huruf hijaiyah ini menghasilkan nilai error yang baik yaitu sebesar 0% pada 24 kali percobaan dan Game ini telah diuji oleh ahli media, ahli materi, dan penyebaran angket sebanyak 30 responden. dengan nilai dari ahli media mencapai 93,3%, ahli materi mencapai 95,2%, dan 30 responden dari masyarakat /wali peserta didik mencapai 94,25 %. Hasil dari penelitian ini yaitu sebuah algoritma fuzzy sugeno yang diterapkan untuk menentukan skor bintang yang terdapat di game cari hijaiyah pada game hijaiyah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Harminto Mulyo, S.Kom., M.Kom. Pembimbing II : R. H. Kusumodestoni, S.Kom., M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Algoritma Fuzzy Sugeno, Game Edukasi, Huruf Hijaiyah, Unity 2D |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.43 Sistem Operasi ( windows, linux/unix, mac OS/apple, DOS, android) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 04:37 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 04:37 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4700 |