ABIB DWI WAHYUDI, 171240000664 (2022) PENERAPAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA SIMULASI DESAIN INTERIOR FURNITURE DI UD. GIJAN JOK. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1. 171240000664_COVER.pdf
Download (4MB) | Preview
2. 171240000664_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (308kB)
3. 171240000664_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (386kB)
4. 171240000664_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (254kB)
5. 171240000664_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
6. 171240000664_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (241kB)
7. 171240000664_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (220kB) | Preview
8. 1712400000664_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Seiring perkembangan zaman dan tingkat konsumerisme masyarakat, Furniture banyak dimaknai sebagai benda perabot yang dapat menghadirkan nilai estetik di dalam rumah hunian, Peminat industri furniture tidak hanya ada di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Hal itu menjadikan industri ini memiliki peran yang penting untuk devisa negara. Keadaan itu pula yang membuat persaingan antar produsen menjadi ketat dalam menghasilkan produk yang berkualitas sesuai dengan keinginan konsumen. Dimasa sekarang ini, pemanfaatan teknologi yang canggih, seperti adanya sebuah aplikasi/software multimedia digital mampu menampilkan informasi yang mudah dipahamai dan menarik, Seorang produsen akan memiliki nilai tambah jika memahami sebuah aplikasi yang canggih pada zaman teknologi yang semakin berkembang saat ini. Teknologi Augmented Reality sekarang ini menjadi sebuah tren yang popular di kalangan marketing untuk memasarkan produk yang dimiliki, karena tenologi Augmented Reality memadukan 2 teknologi yaitu 3D desain dan pemrograman yang akan membuat gambaran nyata tentang produk yang ditawarkan kepada pengguna. Berdasarkan hasil observasi di Gijan Jok, rata-rata pelanggan atau pembeli masih bertanya-tanya dan bingung dengan desain produk yang akan dibeli bagus untuk ditempatkan pada ruangan maupun tempat, sekaligus di Gijan Jok masih menggunakan katalog yang hanya dicetak dikertas, menjadikan pelanggan maupun pembeli sering kali merasa bingung untuk memilih atau menentukan suatu produk yang akan dibeli. Berdasarkan dari permasalahan tersebut peneliti mengusulkan aplikasi Augmented Reality sebagai Media Simulasi Desain Interior Furniture di UD. Gijan Jok. Peneliti bermaksud membuat aplikasi Augmented Reality untuk memudahkan seorang desainer maupun pembeli dalam memilih produk yang sesuai dengan ruangan atau tempat yang diinginkan sebelum membeli, dengan adanya bentuk 3D secara detail, karena praktis dan cukup mudah digunakan untuk membuat sebuah rancangan desain. Aplikasi ini dibuat menggunakan aplikasi Unity dan aplikasi Blender sebagai media dalam pembuatan Asset, dengan menggunakan Metode Waterfall. Aplikasi ini telah di uji oleh ahli materi dengan hasil 98,4%, ahli media sebesar 100% dan responden sebesar 84,12% yang berarti aplikasi ini sangat layak untuk digunakan. Hasil dari penelitian ini yaitu aplikasi Penerapan Augmented Reality sebagai Media Simulasi Desain Interior Furniture di UD. Gijan Jok.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Nur Aeni Widiastuti, S.Pd., M.Kom. Pembimbing II : R. H. Kusumodestoni, S.Kom, M.Kom. |
Uncontrolled Keywords: | Furniture, Augmented Reality, Metode Waterfall, Unity, Blender. |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman > 005.262 Pemrograman untuk Bahasa Pemrograman Tertentu (web, HTML, PHP, java, visual basic, fox pro) |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 06:54 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 06:54 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4685 |