Search for collections on Publications

PENERAPAN METODE K-MEANS DALAM MENGELOMPOKKAN CALON PENERIMA BANTUAN FASILITAS SEKOLAH DI MI DATUK SINGARAJA

ABDUL SALAM, 171240000629 (2022) PENERAPAN METODE K-MEANS DALAM MENGELOMPOKKAN CALON PENERIMA BANTUAN FASILITAS SEKOLAH DI MI DATUK SINGARAJA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 171240000629_COVER.pdf]
Preview
Text
171240000629_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 171240000629_BAB I.pdf] Text
171240000629_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[thumbnail of 171240000629_BAB II.pdf] Text
171240000629_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[thumbnail of 171240000629_BAB III.pdf] Text
171240000629_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[thumbnail of 171240000629_BAB IV.pdf] Text
171240000629_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 171240000629_BAB V.pdf] Text
171240000629_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[thumbnail of 171240000629_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
171240000629_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 171240000629_LAMPIRAN.pdf] Text
171240000629_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)

Abstract

Pendidikan adalah kunci pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Namun pada kenyataannya masih terdapat berbagai macam persoalan yang ada di dunia pendidikan di negeri ini. Adanya bantuan fasilitas dari sekolah adalah akibat dari persoalan tersebut, bantuan yang di berikan dari pihak sekolah nantinya akan bisa digunakan untuk keberlangsungan pendidikan yang ditempuh. Pada dasarnya banyak sekali manfaat dari bantuan fasilitas sekolah ini , salah satunya dapat memberikan bantuan kepada siswa yang kurang mampu, berprestasi dan lain sebagainya. Namun timbul berbagai pertanyaan yang muncul terkait pemberian bantuan fasilitas sekolah ini, misal apakah sudah sesuai sasaran dan kriteria dalam pemberian bantuan tersebut. Dalam mengatasi masalah tersebut maka akan dilakukan klasterisasi calon penerima bantuan menggunakan data mining . pada penelitian ini menggunakan metode Clustering Algoritma K-Means. Data yang digunakan sebanyak 516 data siswa tahun 2021 sampai 2022 dengan 4 atribut, yaitu Raport, Status Siswa Yatim/Tidak, Pendapatan Orangtua, Kedisiplinan. Hasil yang diperoleh yaitu 3 Cluster dimana Cluster 1 terdapat 180 siswa dengan kebanyakan siswa berprestasi dengan nilai raport sangat baik dengan keadaan ekonomi berkecukupan. Pada Cluster 2 terdapat 13 siswa kebanyakan siswa dengan keadaan orangtua yang tidak lengkap. Pada Cluster 3 terdapat 323 siswa kebanyakan siswa dengan nilai kedisiplinan yang sangat layak dengan keadaan keluarga dan ekonomi yang memang seharusnya diprioritaskan menerima bantuan. Di harapkan dengan terbentuknya klasterisasi calon penerima bantuan fasilitas sekolah MI Datuk Singaraja Kerso, maka pihak sekolah dapat menggunakan informasi tersebut sebagai referensi untuk membentuk kelompok prioritas penerima bantuan yang lebih baik agar sesuai sasaran dan kriteria. Sehingga siswa yang seharusnya layak mendapatkan bantuan bisa mendapatkan sesuai dengan prioritas yang ditentukan, sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan dari pihak sekolah maupun pihak keluarga siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : R. Hadapiningradja Kusumodestoni, M.Kom. Pembimbing II : Ir. Adi Sucipto, M.Kom.
Uncontrolled Keywords: Data Mining, Clustering, K-Means, Bantuan , MI Datuk Singaraja Kerso
Subjects: 000 Karya Umum > 000 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:54
Last Modified: 20 Feb 2023 06:54
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4684

Actions (login required)

View Item
View Item