NURDIAN NIRWANA, 1320001520 (2020) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI YANG DI PENGARUHI OLEH KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA AKUNTANSI FEB UNISNU JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.
1320001520_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
1320001520_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
1320001520_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
1320001520_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
1320001520_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
1320001520_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (391kB)
1320001520_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (936kB) | Preview
1320001520_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Keberhasilan hidup mahasiswa tidak hanya dipengaruhi oleh kecerdasan intelektual (IQ) semata, tetapi juga dipengaruhi oleh kecerdasan lain yaitu kecerdasan emosional (EQ). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kecerdasan emosional mempengaruhi tingkat pemehaman akuntansi. Kecerdasaan emosional diukur mulai pengenalan diri, Pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur berdasarkan nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK).
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi reguler1 Fakultas Ekonomi Universitas Nahdlatul Ulama (UNISNUU) Jepara semester 3, 5, dan 7 sebanyak 100. Sedangkan pengambilan populasi itu 75.
Berdasarkan hasilnya, dari lima hipotesis yang ditemukan, hipotesis 1, dan 3 diterima yang menyatakan bahwa pengenalan diri, dan motivasi berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Sedangkan hipotesisi 2, 4, dan 5 ditolak yang menyatakan bahwa pengendalian diri, empati, dan keterampilan sosial tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa. Banyak faktor-faktor kecerdasan emosional yang berpengaruh dalam kehidupan individual. Dalam hal ini mahasiswa. Misalnya faktor tekanan mental, lingkungan, pergaulan, trauma kegagalan, masalah pribadi, kegiatan diluar kampus (bekerja), budaya atau bisa saja disebabkan oleh perilaku belajar mahasiswa
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : Yanto, S.E. M.Si |
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosional (EQ), Tingkat Pemahaman Akuntansi (IPK), pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial. |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 153.9 Kecerdasan dan Bakat 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Manajemen Bisnis > 657 Akuntansi > 657.07 Pendidikan Akuntansi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 03:10 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 03:10 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4506 |