Search for collections on Publications

PENGARUH TAYANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DENGAN JARGON “STOP HOAX” DI INDOSIAR TERHADAP KESADARAN LITERASI MEDIA SISWA SMK NEGERI 1 KARIMUNJAWA

ISMI RAHMAWATI, 181510000404 (2022) PENGARUH TAYANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT DENGAN JARGON “STOP HOAX” DI INDOSIAR TERHADAP KESADARAN LITERASI MEDIA SISWA SMK NEGERI 1 KARIMUNJAWA. Skripsi thesis, UNISNU JEPARA.

[thumbnail of 181510000404_COVER.pdf]
Preview
Text
181510000404_COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 181510000404_BAB I.pdf] Text
181510000404_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181510000404_BAB II.pdf] Text
181510000404_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181510000404_BAB III.pdf] Text
181510000404_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of 181510000404_BAB IV.pdf] Text
181510000404_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 181510000404_BAB V.pdf] Text
181510000404_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of 181510000404_BAB VI.pdf] Text
181510000404_BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (656kB)
[thumbnail of 181510000404_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
181510000404_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 181510000404_LAMPIRAN.pdf] Text
181510000404_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Tayangan Iklan Layanan Masyarakat dengan Jargon Stop Hoax Di Indosiar Terhadap Kesadaran Literasi Media Siswa SMK N 1 Karimunjawa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Tayangan Iklan Layanan Masyarakat dengan Jargon Stop Hoax Di Indosiar Terhadap Kesadaran Literasi Media Siswa SMK Negeri 1 Karimunjawa. Metode yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan fenomenologi. Penelitian ini menggunakan teori S-R (Stimulus-Respon) dimana stimus yang digunakan yaitu tayangan iklan layanan masyarakat stop hoax yang diproduksi oleh Indosiar dan respon yang digunakan yaitu kesadaran literasi media dari Art Silverblatt. Dengan hasil penelitian uji korelasi menggunakan analisis korelasi product moment dengan responden sebesar 80 siswa mulai dari kelas 11 (sebelas) hingga kelas 12 (dua belas) tahun masuk 2020-2021 menunjukkan perolehan koefisien korelasi sebesar 0,228 dengan nilai signifikan 0,042, hal tersebut menunjukkan adanya hubungan antara variabel x (ILM hoax) dan variabel y (literasi media). Dan pengaruh iklan layanan masyarakat stop hoax terhadap kesadaran literasi sebesar 0,052 atau 5,2% berdasarkan Uji Hipotesis nilai t hitung > dari t tabel (2,071 > 1,990) yang artinya Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan Hipotesis Nol (H0) ditolak. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa ada Pengaruh Tayangan Iklan Layanan Masyarakat dengan Jargon Stop Hoax Di Indosiar Terhadap Kesadaran Literasi Media Siswa SMK N 1 Karimunjawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing I : Dr. Abdul Wahab, S.Sos.,I., M.S.I. Pembimbing II : Murniati, S.Sos.I., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Iklan layanan masyarakat, Hoax, Literasi media
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 Sosiologi dan Antropologi > 302 Interaksi Sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Admin Perpustakaan Unisnu
Date Deposited: 08 Feb 2023 04:25
Last Modified: 08 Feb 2023 04:25
URI: https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4493

Actions (login required)

View Item
View Item