FAUZUL HAKIM, 141310003152 (2019) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AUDITORY PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MA AL MA’ARIF JEPARA. Skripsi thesis, UNISNU Jepara.
NIM. 141310003152_COVER.pdf
Download (2MB) | Preview
NIM. 141310003152_BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (347kB)
NIM. 141310003152_BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (468kB)
NIM. 141310003152_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (508kB)
NIM. 141310003152_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (514kB)
NIM. 141310003152_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (305kB)
NIM. 141310003152_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (298kB) | Preview
NIM. 141310003152_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (584kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisis penerapan metode pembelajaran auditory pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Al Ma’arif Jepara. (2) Menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan analisa siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MA Al Ma’arif Jepara melalui metode pembelajaran auditory.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan atau field research, dengan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian dimana peneliti dalam melakukan penelitiannya menggunakan teknik-teknik antara lain: observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasambur penelitian ini yaitu guru pengampu mata pelajaran akidah akhlak, Kepala sekolah, Waka Kurikulum, siswa, metode pembelajaran auditory di kelas X di MA Al Ma’arif Jepara.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Pendekatan Auditory di MA Al Ma’arif Jepara. Menurut hasil peneliti, dikategorikan efektif. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan bertambahnya semangat guru untuk mengajar. Selain itu, dengan pendekatan tersebut pembelajaran yang dilakukan oleh guru mudah diterima oleh peserta didik. Sehingga menjadikan peserta didik lebih respon dalam pembelajaran. (2) Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Analisa Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Al Ma’arif Jepara. Menurut hasil peneliti, dikategorikan signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya respon yang positif dari peserta didik pada saat proses pembelajaran Akidah Akhlak. Selain itu, dalam proses pembelajaran peserta didik banyak memunculkan pertanyaan-pertanyaan baru yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Sedangkan dalam hal peningkatan kemampuan analisa dapat dilihat dari peserta didik yang mampu menjawab soal atau pertanyaan dari guru Akidah Akhlak dan peserta didik mampu menguraikan jawaban dari pertanyaan tersebut secara rinci. Dan hal ini juga dibuktikan dengan nilai rata-rata pelajaran Akidah Akhlak: 80 diatas nilai rata-rata KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75. (3) Penerapan Pendekatan Auditory dalam Penerapan metode pembelajaran auditory pada mata pelajaran akidah akhlak kelas X di MA Al Ma’arif Jepara. Menurut hasil peneliti, dikategorikan sangat efektif. Hal ini dapat dibuktikan bahwa peserta didik sangat memperhatikan secara benar setiap materi demi materi pelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Selain itu, dengan adanya penerapan pendekatan auditory menjadikan nilai rata-rata Akidah Akhlak peserta didik 80 diatas nilai rata-rata KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing I : H. Mufid, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran Auditory, Akidah Akhlak, pemeblajaran. |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan > 371.3 Metode Belajar Mengajar, Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Admin Perpustakaan Unisnu |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 04:03 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 04:03 |
URI: | https://eprints.unisnu.ac.id/id/eprint/4479 |